|
|
|
|
|
|
|
 |
Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan sms melalui layanan pengaduan ini. Terimakasih. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| SURAT IZIN PRAKTIK BIDAN (SIPB)
Dasar Hukum :
1. |
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan |
2. |
Undang-Undang Nomor 04 Tahun 2019 tentang Kebidanan |
3. |
Permenkes RI Nomor: 28 Tahun 2017 tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik Bidan |
4. |
Peraturan Bupati Siak Nomor 3 Tahun 2023 tentang Pendelegasian Wewenang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha, Perizinan dan Nonperizinan Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Siak |
5. |
Keputusan Bupati Siak Nomor 36 /HK/KPTS/2023 tentang Penetapan Standar Operasional Prosedur Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Siak |
Persyaratan Izin Baru:
1. |
Formulir Permohonan yang ditandatangani oleh Pemohon disertai materai Rp. 10000,- |
|
|
2. |
Fotokopi KTP Pemohon |
|
|
3. |
Surat Kuasa dan Fotokopi KTP apabila Pengurusan diwakilkan |
4. |
Fotokopi NPWP |
5. |
Fotokopi ijazah kebidanan dilegalisir |
6. |
Fotokopi STRB yang masih berlaku dan dilegalisir |
7. |
Rekomendasi dari Organisasi Profesi ( Ikatan Bidan Indonesia / IBI) cabang siak |
8. |
Rekomendasi dari Dinas Kesehatan Kab.Siak |
9. |
Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah |
10. |
Surat Keterangan dari Pimpinan Fasilitas Kesehatan Tempat Bidan akan Berpraktik |
11. |
Pas Foto berwarna ukuran 3x4 ( 2 lembar) |
12. |
Fotokopi SIPB Pertama untuk pengajuan SIPB yang Kedua |
Persyaratan Izin Perpanjangan :
1. |
Formulir Permohonan yang ditandatangani oleh Pemohon disertai materai Rp. 10000,- |
|
|
2. |
Fotokopi KTP Pemohon |
|
|
3. |
Surat Kuasa dan Fotokopi KTP apabila Pengurusan diwakilkan |
4. |
Fotokopi NPWP |
5. |
Fotokopi ijazah kebidanan dilegalisir |
6. |
Fotokopi STRB yang masih berlaku dan dilegalisir |
7. |
Rekomendasi dari Organisasi Profesi ( Ikatan Bidan Indonesia / IBI) cabang siak |
8. |
Rekomendasi dari Dinas Kesehatan Kab.Siak |
9. |
Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah |
10. |
Surat Keterangan dari Pimpinan Fasilitas Kesehatan Tempat Bidan akan Berpraktik |
11. |
Pas Foto berwarna ukuran 3x4 ( 2 lembar) |
12. |
Surat Izin Praktik Bidan (SIPB) yang lama (asli) |
Persyaratan Izin Praktik Bidan Mandiri:
1. |
Formulir Permohonan yang ditandatangani oleh Pemohon disertai materai Rp. 10000,- |
|
|
2. |
Fotokopi KTP Pemohon |
|
|
3. |
Surat Kuasa dan Fotokopi KTP apabila Pengurusan diwakilkan |
4. |
Fotokopi NPWP |
5. |
Fotokopi ijazah kebidanan dilegalisir |
6. |
Fotokopi STRB yang masih berlaku dan dilegalisir |
7. |
Rekomendasi dari Organisasi Profesi ( Ikatan Bidan Indonesia / IBI) cabang siak |
8. |
Rekomendasi dari Kepala Puskesmas setempat |
9. |
Kerja sama Pengelolaan Limbah Medis dengan instusi yang memiliki instlasi pengelolaan limbah |
10. |
Rekomendasi dari Dinas Kesehatan Kab.Siak |
11. |
Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah |
12. |
Surat Pernyataan memiliki tempat praktik |
13. |
Pas Foto berwarna ukuran 3x4 ( 2 lembar) |
14. |
Fotokopi SIPB Pertama untuk pengajuan SIPB yang Kedua |
Persyaratan Perpanjangan Izin Praktik Bidan Mandiri :
1. |
Formulir Permohonan yang ditandatangani oleh Pemohon disertai materai Rp. 10000,- |
|
|
2. |
Fotokopi KTP Pemohon |
|
|
3. |
Surat Kuasa dan Fotokopi KTP apabila Pengurusan diwakilkan |
4. |
Fotokopi NPWP |
5. |
Fotokopi ijazah kebidanan dilegalisir |
6. |
Fotokopi STRB yang masih berlaku dan dilegalisir |
7. |
Rekomendasi dari Organisasi Profesi ( Ikatan Bidan Indonesia / IBI) cabang siak |
8. |
Kerja sama Pengelolaan Limbah Medis dengan instusi yang memiliki instlasi pengelolaan limbah |
9. |
Rekomendasi dari Kepala Puskesmas setempat |
10. |
Rekomendasi dari Dinas Kesehatan Kab.Siak |
11. |
Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah |
12. |
Surat Pernyataan memiliki tempat praktik |
13. |
Pas Foto berwarna ukuran 3x4 ( 2 lembar) |
14. |
Surat Izin Praktik Bidan (SIPB) yang lama (asli) |
Mekanisme :
1. |
Pemohon menuju loket informasi |
2. |
Mengisi formulir pendaftaran |
3. |
Pemrosesan/pemeriksaan berkas persyaratan oleh Petugas Loket dan Kepala Bidang Pengaduan, Pelaporan, dan Pengolahan Data |
4. |
Pemrosesan oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Perizinan dan Nonperizinan Jasa Usaha |
5. |
Pemrosesan dan Penandatanganan Sertifikat Perizinan oleh Kepala Dinas |
6. |
Pencetakan/Penerbitan Sertifikat Perizinan |
7. |
Penyerahan Sertifikat Perizinan oleh Petugas Loket |

Biaya : Rp.0,-
Waktu Penyelesaian : 5 (Lima) hari kerja
Download Formulir SIPB
Download Formulir SIPB Mandiri
| |
| |
|