|
|
|
|
|
|
|
 |
Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan sms melalui layanan pengaduan ini. Terimakasih. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| PERSETUJUAN BANGUNAN GEDUNG (PBG)/IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB)
Dasar Hukum :
1. |
Undang – Undang Nomor 28 Tahun 2002 Tentang Bangunan Gedung |
2. |
Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Cipta Kerja |
3. |
Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko |
4. |
Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang – Undang Nomor 28 Tahun 2002 Tentang Bangunan Gedung |
5. |
Peraturan Bupati Siak No. 49 Tahun 2017 tentang Penyelengaraan IMB Gedung danTim Ahli Bangunan Gedung |
6. |
Peraturan Bupati Siak Nomor 3 Tahun 2023 tentang Pendelegasian Wewenang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha, Perizinan dan Nonperizinan Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Siak |
7. |
Keputusan Bupati Siak Nomor 621 /HK/ KPTS/2021 tentang Layanan Penerbitan Peraturan Bangunan Gedung |
8. |
Keputusan Bupati Siak Nomor 36 /HK/KPTS/2023 tentang Penetapan Standar Operasional Prosedur Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Siak |
Persyaratan :
1. |
Fotokopi KTP Pemohon/Pimpinan Perusahaan |
|
|
2. |
Fotokopi Surat Tanah |
|
|
3. |
Keterangan Rencana Kabupaten (KRK) dari Dinas PU TARUKIM Kab. Siak |
4. |
Fotokopi Lunas PBB Kecuali untuk Fasum, Proyek Pemerintah |
5. |
Bukti Setoran Retribusi IMB (dari Dinas PU TARUKIM) |
6. |
Surat Perjanjian Pemanfaatan Tanah Antara Pemilik Tanah dengan Pemilik Bangunan Gedung ( dalam hal pemilik tanah bukan pemilik bangunan gedung) |
7. |
Surat Izin Peruntukan Penggunaan Tanah (SIPPT) / KKPR (bila disyaratkan) |
8. |
Surat Kerukunan Umat Beragama (SKUB) untuk fungsi keagamaan dan surat keterangan dari Kantor Wilayah Kementrian Agama |
9. |
Fotokopi gambar detail bangunan (Data Penyedia Jasa Perencana Konstruksi badan usaha atau perseorangan serta arsitek berlisensi) |
10. |
Persetujuan lingkungan sesuai peraturan perundangan (SPPL /PKPLH /SKKL) |
11. |
Penelitian Tanah/Sondir untuk Bangunan diatas 2 Lantai Kajian Survey tanah yang dikeluarkan Lembaga yang dapat dipertanggungjawabkan |
12. |
Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan |
Mekanisme :
1. |
Pemohon menuju loket informasi |
2. |
Mengisi formulir pendaftaran |
3. |
Pemrosesan/pemeriksaan berkas persyaratan oleh Petugas Loket dan Kepala Bidang Pengaduan, Pelaporan, dan Pengolahan Data |
4. |
Pemrosesan oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Perizinan dan Nonperizinan Pemanfaatan Ruang |
5. |
Pemrosesan dan Penandatanganan Sertifikat Perizinan oleh Kepala Dinas |
6. |
Pencetakan/Penerbitan Sertifikat Perizinan |
7. |
Penyerahan Sertifikat Perizinan oleh Petugas Loket |

Biaya : Retribusi IMB
Waktu Penyelesaian : 10 (Sepuluh) hari kerja
Download Formulir IMB
| |
| |
|