Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan sms melalui layanan pengaduan ini. Terimakasih.
 
 
Username :
Password :
 
 
 

PERSETUJUAN BANGUNAN GEDUNG (PBG)/IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB)

Dasar Hukum :

1. Undang – Undang Nomor 28 Tahun 2002 Tentang Bangunan Gedung
2. Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja
3. Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko
4. Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang – Undang Nomor 28 Tahun 2002 Tentang Bangunan Gedung
5. Peraturan Bupati Siak No. 49 Tahun 2017 tentang Penyelengaraan IMB Gedung danTim Ahli Bangunan Gedung
6. Peraturan Bupati Siak No. 65 Tahun 2021 tentang Pendelegasian Wewenang Penyelenggaraan Perzinan dan Berusaha Berbasis Resiko dan Nonperizinan Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Siak
7. Keputusan Bupati Siak Nomor 621 /HK/ KPTS/2021 tentang Layanan Penerbitan Peraturan Bangunan Gedung
8. Keputusan Bupati Siak Nomor 440.a/HK/KPTS/2021 tentang Penetapan Standar Operasional Prosedur Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Siak

Persyaratan :

1. Permohonan diatas Materai Rp. 10.000,- ditujukan Kepada Bupati Siak Cq. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Siak
2. Fotokopi KTP Pemohon/Pimpinan Perusahaan
3. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
4. Fotokopi Lunas PBB Kecuali untuk Fasum, Proyek Pemerintah
5. Fotokopi Surat Tanah / Sertifikat atas nama pemohon
6. Bukti Setoran Retribusi IMB (dari Dinas PU TARUKIM)
7. Gambar Rencana Bangunan lengkap menggunakan kertas A3 yang ditandatangani oleh tenaga ahli yang bersertifikat sesuai dengan klasifikasi bangunan yang di mohon, Lampiran dari PU TARUKIM
8. Penelitian Tanah/Sondir untuk bangunan 2 (dua) lantai keatas (2 rangkap) kajian hasil survey tanah yang dikeluarkan lembaga yang dapat dipertanggungjawabkan
9. Rekomendasi IMB dari Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kab. Siak diperoleh setelah survey oleh tim teknis (Dinas PU TARUKIM)
10. Pas foto berwarna ukuran 3x4 (2 lembar)
Tambahan untuk IMB Hotel / Pabrik / Perumahan / Pasar / Kantor Swasta/SPBU/Universitas/Mal/Sekolah Swasta
1. Fotokopi NIB
2. Fotokopi Izin Lokasi (untuk luas > 1 Ha)
3. Fotokopi Izin Penggunaan Pemanfaatan Tanah
4. Rekomendasi Izin Lingkungan,Amdal (≥5 Ha) atau UKL/UPL (<5 Ha), SPPL
5. Sistem Pengamanan
6. Sistem drainase, persampahan dan sanitasi penglohaan air limbah (IPAL Komunal)
7. Instalasi air, listrik, dan telepon
8. Rekomendasi kesediaan bahan baku untuk pabrik dari Dinas teknis terkait
9. Fotokopi keikutsertaan JKN dan BPJS Ketenagakerjaan
10. Rekomendasi Andalalin
Tambahan untuk IMB Tower
1. Izin Prinsip penyelenggara jaringan atau izin penyelenggara jaringan dari kementrian KOMINFO
2. Fotokopi Advice Planning dari Dinas PU TARUKIM/Kesesuain Rencana Kabupaten ( KRK )
3. Fotokopi Izin Penggunaan Pemanfaatan Tanah
4. Surat perjanjian sewa-menyewa antara perusahaan dan pemilik tanah
5. Surat persetujuan warga disekitar lokasi tower sesuai dengan Petunjuk Teknis Tower dari kementrian PU
6. Dokumen lingkungan dan izin lingkungan
7. Surat Pernyataan bersedia bertanggung jawab penuh terhadap resiko bangunan
8. Fotokopi keikutsertaan JKN dan BPJS Ketenagakerjaan
Tambahan untuk IMB Rumah Ibadah
1. Daftar jemaah minimal 90 KK yang disertai dengan fotokopi KTP yang berlaku dan daftar pendukung 60 orang yang disahkan Lurah atau Kepala Desa
2. Rekomendasi Asli dari FKUB
3. Rekomendasi Asli dari Kantor Kementerian Agama Kab. Siak
Tambahan untuk IMB Proyek Pemda
1. Fotokopi SPMK
2. Fotokopi Kontrak
Tambahan untuk IMB Sekolah Swasta
1. Fotokopi Izin lingkungan, Amdal (>5 Ha) atau UKL/UPL (<5 Ha) , SPPL
2. Fotokopi SK Yayasan dari Menkumham tentang Pendirian Sekolah
Pemecahan IMB
1. Permohonan diatas materai Rp. 10.000 ditujukan kepada Bupati Siak Cq. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab.Siak dengan Melampirkan :
2. Fotokopi KTP Pemilik
3. Fotokopi Sertifikat tanah yang sudah dipecah
4. Fotokopi Lunas PBB tahun terakhir
5. Fotokopi Izin Usaha Penanaman Modal
6. IMB Induk
7. Daftar nama pemecahan IMB dan Surat Kuasa Global

Mekanisme :

1. Pemohon menuju loket informasi
2. Mengisi formulir pendaftaran
3. Pemrosesan/pemeriksaan berkas persyaratan oleh Petugas Loket dan Kepala Bidang Pengaduan, Pelaporan, dan Pengolahan Data
4. Pemrosesan oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Perizinan dan Nonperizinan Pemanfaatan Ruang
5. Pemrosesan dan Penandatanganan Sertifikat Perizinan oleh Kepala Dinas
6. Pencetakan/Penerbitan Sertifikat Perizinan
7. Penyerahan Sertifikat Perizinan oleh Petugas Loket

Biaya : Retribusi IMB

Waktu Penyelesaian : 10 (Sepuluh) hari kerja

Download Formulir IMB

     
    1. Izin Praktik Perawat
    2. Izin Praktik Bidan
    3. Izin Praktik Apoteker
    4. Izin Praktik Fisioterapi
    5. Izin Praktik Tenaga Teknis Kefarmasian
    6. Izin Praktik Terapis Gigi dan Mulut
    7. Izin Praktik Ahli Teknologi Laboratorium Medik
    8. Izin Praktik Radiografer
    9. Izin Praktik Refraksionis Optisien atau Optometris
    10. Izin Praktik Penata Anestesi
    11. Izin Praktik Teknisi Gigi
    12. Izin Praktik Okupasi Terapis
    13. Izin Praktik Terapis Wicara
    14. Izin Praktik Tenaga Gizi
    15. Izin Praktik Psikolog Klinis
    16. Izin Praktik Tenaga Kesehatan Tradisional
    17. Izin Praktik Tenaga Kesehatan Tradisional Jamu
    18. Izin Terdaftar Penyehat Tradisional
    19. Izin Praktik Ortotis Prostetis
    20. Izin Praktik Elektromedis
    21. Izin Praktik Akupuntur Trapis
    22. Izin Praktik Perekaman Medis
    23. Izin Praktik Tenaga Sanitarian
    24. Izin Tukang Gigi
    25. Izin Pelayanan Kesehatan SPA
    26. Izin Praktik Dokter
    27. Izin Praktik Dokter Gigi
    28. Izin Praktik Dokter Spesialis
    29. Izin Praktik Dokter Gigi Spesialis
    30. Izin Operasional Sekolah Swasta TK, KB, PPT, TPA, LKP, BKBM, SD Swasta dan SMP Swasta (baru, perpanjangan, daftar ulang)
    31. Izin Praktik Dokter Hewan
    32. Izin Rumah Sakit/Klinik Hewan
    33. Izin Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah (IPPT)
    34. Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (PKKPR)
    35. Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup (SPPL)
    36. Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PKPLH)
    37. Surat Keputusan Kelayakan Lingkungan Hidup (SKKLH)
    38. Persetujuan Bangunan Gedung (PBG)/Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
    39. Surat Keterangan Penelitian
    40. Aktivitas Rumah Sakit Pemerintah (NON BLUD)
    41. Izin Pengusahaan Penangkaran Sarang Burung Walet