Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan sms melalui layanan pengaduan ini. Terimakasih.
 
 
Username :
Password :
 








 
 

IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN

Dasar Hukum :

1. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2018 Tentang Pelayanana Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik
2. Permen Pekerjaan Umum No. 24/PRT/M/2007 tentang Pedoman Teknis Izin Mendirikan Bangunan Gedung
3. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 19/PRT/M/2018 Tentang Penyelenggaraan Izin Mendirikan Bangunan Gedung Dan Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung Melalui Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik
4. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 05/PRT/M/2016 Tentang Izin Mendirikan Bangunan Gedung
5. Perda Kab. Siak No. 04 Tahun 2007 tentang Pendirian Rumah Ibadah di Wilayah Kab. Siak
6. Peraturan Daerah Kab. Siak No. 03 Tahun 2012 tentang Izin Mendirikan Bangunan
7. Peraturan Daerah Kab. Siak Nomor 14 Tahun 2016 tentang Retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
8. Peraturan Bupati Siak No. 49 Tahun 2017 tentang Penyelengaraan IMB Gedung danTim Ahli Bangunan Gedung
9. Peraturan Bupati Siak No. 116 Tahun 2019 tentang Pendelegasian Wewenang Perizinan dan Nonperizinan Kepada Kepala DPMPTSP Kab. Siak
10. Keputusan Bupati Siak Nomor 269/HK/KPTS/2019 tentang Penetapan Standar Operasional Prosedur Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Siak

Persyaratan :

Permohonan diatas materai Rp. 6.000 ditujukan kepada Bupati Siak Cq. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Siak dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP Pemohon/Pimpinan Perusahaan
2. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
3. Fotokopi Lunas PBB Kecuali untuk Fasum, Proyek Pemerintah
4. Fotokopi Surat Tanah / Sertifikat atas nama pemohon
5. Bukti Setoran Retribusi IMB (dari Dinas PU TARUKIM)
6. Gambar Rencana Bangunan lengkap menggunakan kertas A3 yang ditandatangani oleh tenaga ahli yang bersertifikat sesuai dengan klasifikasi bangunan yang di mohon, Lampiran dari PU TARUKIM
7. Penelitian Tanah/Sondir untuk bangunan 2 (dua) lantai keatas (2 rangkap) kajian hasil survey tanah yang dikeluarkan lembaga yang dapat dipertanggungjawabkan.
8. Rekomendasi IMB dari Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kab. Siak diperoleh setelah survey oleh tim teknis (Dinas PU TARUKIM)
9. Pas foto berwarna ukuran 3x4 (2 lembar)
Tambahan untuk IMB Hotel / Pabrik / Perumahan / Pasar / Kantor Swasta
1. Fotokopi NIB
2. Fotokopi Izin Lokasi (untuk luas > 1 Ha)
3. Fotokopi Izin Penggunaan Pemanfaatan Tanah
4. Rekomendasi Izin Lingkungan,Amdal (≥5 Ha) atau UKL/UPL (<5 Ha), SPPL
5. Sistem Pengamanan
6. Sistem drainase, persampahan dan sanitasi penglohaan air limbah (IPAL Komunal)
7. Instalasi air, listrik, dan telepon
8. Rekomendasi kesediaan bahan baku untuk pabrik dari Dinas teknis terkait
9. Fotokopi keikutsertaan JKN dan BPJS Ketenagakerjaan
10. Rekomendasi Andalalin
Tambahan untuk IMB Tower
1. Izin Prinsip penyelenggara jaringan atau izin penyelenggara jaringan dari kementrian KOMINFO
2. Fotokopi Advice Planning dari Dinas PU TARUKIM/Kesesuain Rencana Kabupaten ( KRK )
3. Fotokopi Izin Penggunaan Pemanfaatan Tanah
4. Surat perjanjian sewa-menyewa antara perusahaan dan pemilik tanah
5. Surat persetujuan warga disekitar lokasi tower sesuai dengan Petunjuk Teknis Tower dari kementrian PU
6. Dokumen lingkungan dan izin lingkungan
7. Surat Pernyataan bersedia bertanggung jawab penuh terhadap resiko bangunan
8. Fotokopi keikutsertaan JKN dan BPJS Ketenagakerjaan
Tambahan untuk IMB Rumah Ibadah
1. Daftar jemaah minimal 90 KK yang disertai dengan fotokopi KTP yang berlaku dan daftar pendukung 60 orang yang disahkan Lurah atau Kepala Desa
2. Rekomendasi Asli dari FKUB
3. Rekomendasi Asli dari Kantor Kementerian Agama Kab. Siak
Tambahan untuk IMB Proyek Pemda
1. Fotokopi SPMK
2. Fotokopi Kontrak
Tambahan untuk IMB Sekolah Swasta
1. Fotokopi Izin lingkungan, Amdal (>5 Ha) atau UKL/UPL (<5 Ha) , SPPL
2. Fotokopi SK Yayasan dari Menkumham tentang Pendirian Sekolah

Pemecahan IMB

1. Permohonan diatas materai Rp. 6.000 ditujukan kepada Bupati Siak Cq. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab.Siak dengan Melampirkan :
2. Fotokopi KTP Pemilik
3. Fotokopi Sertifikat tanah yang sudah dipecah
4. Fotokopi Lunas PBB tahun terakhir
5. Fotokopi Izin Usaha Penanaman Modal
6. IMB Induk
7. Daftar nama pemecahan IMB dan Surat Kuasa Global

DAFTAR KELENGKAPAN GAMBAR RENCANA TEKNIS UNTUK IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB)

1.GAMBAR RENCANA ARSITEKTUR

  1. Gambar Situasi/ Rencana Tapak ( Site Plan )
  2. Gambar Denah Gambar Tampak ( Depan, Belakang, Samping Kanan, dan Samping Kiri )
  3. Gambar Potongan

2.GAMBAR RENCANA STRUKTUR

  1. Gambar Denah dan Detail Pondasi
  2. Gambar Detail Pembesian ( Kolom, Balok dan Plat Lantai )
  3. Gambar Detail Tangga ( untuk bangunan lebih dari 1 lantai )
  4. Gambar Rencana Struktur Atap ( Rangka dan Penutup ) dan detailnya
  5. Hasil penyelidikan tanah/ data uji sondir ( untuk bangunan tidak sederhana )

3.GAMBAR RENCANA UTILITAS

  1. Gambar Instalasi Listrik
  2. Gambar Instalasi Air Bersih dan Air Kotor
  3. Gambar Sistem Komurnal Air Limbah ( untuk perumahan )
  4. Gambar Instalasi Pengolahan Limbah ( untuk pabrik/ industri )
  5. Gambar Sistem Proteksi Kebakaran ( untuk pabrik/ industri, gudang, hotel dan lain lain )
  6. Gambar sistem drainase ( untuk perumahan )
  7. Rekomendasi Tonase Jalan ( untuk pabrik/ industri )

Catatan :

  1. Gambar rencana teknis digambar dengan menggunakan skala.
  2. Gambar rencana teknis digambar pada kertas A3.
  3. Melampirkan fotokopi sertifikat keahlian perencana gambar teknis baik perseorangan/ badan usaha.
  4. Melampirkan fotokopi KTP pemilik sertifikat keahlian.
  5. Gambar ditandatangani oleh pemilik bengunan dan perencana gambar teknis ( tambahan cap badan usaha untuk bangunan tidak sederhana ).
  6. Untuk bangunan yang sudah terbangun, sertifikat keahlian disesuaikan dengan jenis dan fungsi bangunan ( misalkan untuk bangunan gedung diperlukan sertifikat ahli teknik bangunan gedung ) dan dilengkapi dengan surat pernyataan tanggung jawab atas bangunan tersebut
(jika peraturan Bupati tentang Sertifikat laik fungsi telah disahkan maka point ini tidak berlaku)

Mekanisme :

1. Pemohon menuju loket informasi
2. Mengisi formulir pendaftaran
3. Pemrosesan/pemeriksaan berkas persyaratan oleh Petugas Loket dan Kepala Bidang Pengaduan, Pelaporan, dan Pengolahan Data
4. Pemrosesan oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Perizinan dan Nonperizinan Pemanfaatan Ruang
5. Pemrosesan oleh Sekretaris
6. Pemrosesan dan Penandatanganan Sertifikat Perizinan oleh Kepala Dinas
7. Pencetakan/Penerbitan Sertifikat Perizinan
8. Penyerahan Sertifikat Perizinan oleh Petugas Loket

Biaya : Retribusi IMB

Waktu Penyelesaian : 10 (sepuluh) hari kerja

Download Formulir

     

    1. Nomor Induk Berusaha (NIB)
    2. Izin Lokasi
    3. Izin Lingkungan
    4. Ketetapan SPPL
    5. Ketetapan UKL-UPL/DPLH
    6. Ketetapan AMDAL/DELH
    7. Izin Pembuangan Air Limbah
    8. Izin Operasional Pengelolaan Limbah B3 untuk Penghasil
    9. Izin Pengelolaan Limbah B3 untuk Usaha Jasa
    10. Izin Pengusahaan Penangkaran Sarang Burung Walet
    11. Izin Penggunaan Pemanfaatan Tanah (IPPT)
    12. Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
    13. Sertifikat Laik Fungsi (SLF)
    14. Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK)
    15. Izin Usaha Pembangunan dan Pengusahaan Properti
    16. Izin Usaha Bidang Perumahan
    17. Izin Usaha Perkebunan (IUP)
    18. Izin Usaha Obat Hewan
    19. Izin Usaha Tanaman Pangan
    20. Izin Usaha Hortikultura
    21. Izin Usaha Peternakan
    22. Surat Izin Usaha Perikanan
    23. Izin Usaha Industri (IUI)
    24. Izin Perluasan Usaha Industri
    25. Izin Usaha Kawasan Industri (IUKI)
    26. Izin Perluasan Kawasan Industri
    27. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
    28. Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW)
    29. Tanda Daftar Gudang (TDG)
    30. Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang
    31. Izin Penyelenggaraan Pelabuhan Sungai dan Danau
    32. Izin Usaha Angkutan Sungai dan Danau
    33. Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP)
    34. Izin Pendirian Program atau Satuan Pendidikan
    35. Izin Pendirian Satuan Pendidikan Nonformal
    36. Perpanjangan Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing
    37. Izin Toko Obat
    38. Izin Apotek
    39. Izin Operasional Klinik
    40. Izin Mendirikan Rumah Sakit
    41. Izin Operasional Rumah Sakit
    42. Izin Toko Alat Kesehatan
    43. Izin Operasional Laboratorium Klinik Umum Pratama
    44. Usaha Kecil dan Mikro Obat Tradisional
    45. Izin Perusahaan Rumah Tangga Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga
    46. Izin Penyelenggaraan Pengendalian Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit
    47. Surat Izin Praktik Perawat (SIPP)
    48. Surat Izin Praktik Bidan (SIPB)
    49. Surat Izin Praktik Apoteker (SIPA)
    50. Surat Izin Praktik Penata Anastesi (SIPPA)
    51. Surat Izin Kerja/Praktik Fisioterapis (SIKF/SIPF)
    52. Surat Izin Kerja Refraksionis Optisien (SIKRO)/Surat Izin Kerja Optometris (SIKO)
    53. Surat Izin Kerja Radiografer (SIKR)
    54. Surat Izin Praktik Elektromedis (SIP-E)
    55. Surat Izin Kerja Tenaga Sanitarian (SIKTS)
    56. Surat Izin Kerja/Praktik Okupasi Terapis (SIKOT/SIPOT)
    57. Surat Izin Kerja/Praktik Tenaga Gizi(SIKTGz/SIPTGz)
    58. Surat Izin Praktik Ahli Teknologi Laboratorium Medik (SIP-ATLM)
    59. Surat Terdaftar Penyehat Tradisional(STPT)
    60. Surat Izin Praktik Terapis Gigi dan Mulut (SIPTGM)
    61. Surat Izin Praktik Tenaga Teknis Kefarmasian (SIPTTK)
    62. Surat Izin Tukang Gigi
    63. Surat Izin Kerja/Praktik Terapi Wicara (SIKTW/SIPTW)
    64. Surat Izin Kerja Teknisi Gigi (SIKTG)
    65. Surat Izin Kerja/Praktik Ortotis Prostetis (SIKOP/SIPOP)
    66. Surat Izin Kerja Perekaman Medis
    67. Izin Pelayanan Kesehatan SPA
    68. Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT)
    69. Sertifikat Laik Sehat Hotel
    70. Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Depot Air Minum Isi Ulang
    71. Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Jasa Boga
    72. Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Rumah Makan dan Restoran
    73. Sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan
    74. Izin Usaha Mikro dan Kecil
    75. Izin Koperasi Simpan Pinjam
    76. Izin Pembukaan Kantor Cabang Koperasi Simpan Pinjam
    77. Rekomendasi Wilayah Izin Usaha Pertambangan Mineral Bukan Logam dan Batuan