Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan sms melalui layanan pengaduan ini. Terimakasih.
 
 
Username :
Password :
 
 

IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN

Dasar Hukum :

1. Permen Pekerjaan Umum No. 24/PRT/M/2007 tentang Pedoman Teknis Izin Mendirikan Bangunan Gedung
2. Permendagri No. 32 tahun 2010 tentang Pedoman Pemberian Izin Mendirikan Bangunan
3. Peraturan Daerah Kab. Siak No. 04 Tahun 2007 tentang Pendirian Rumah Ibadah di Wilayah Kab. Siak
4. Peraturan Daerah Kab. Siak No. 06 Tahun 2011 tentang Retribusi Izin Mendirikan Bangunan
5. Peraturan Daerah Kab. Siak No. 03 Tahun 2012 tentang Izin Mendirikan Bangunan

Persyaratan :

Permohonan diatas materai Rp. 6.000 ditujukan kepada Bupati Siak Cq. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Siak dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP Pimpinan Perusahaan (2 Rangkap)
2. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
3. Fotokopi Lunas PBB (2 rangkap) Kecuali untuk Fasum, Proyek Pemerintah
4. Fotokopi Surat Tanah / Sertifikat atas nama pemohon (2 Rangkap)
5. Bukti Setoran Retribusi IMB (2 rangkap) diperoleh setelah di survey oleh tim teknis (Dinas PU TARUKIM)
6. Gambar Rencana Bangunan lengkap menggunakan kertas A3 yang ditandatangani oleh tenaga ahli yang bersertifikat sesuai dengan klasifikasi bangunan yang di mohon, Lampiran dari PU TARUKIM (1 asli, 1 fotokopi)
7. Penelitian Tanah/Sondir untuk bangunan 2 (dua) lantai keatas (2 rangkap) kajian hasil survey tanah yang dikeluarkan lembaga yang dapat dipertanggungjawabkan.
8. Rekomendasi IMB dari Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kab. Siak (2 rangkap) diperoleh setelah survey oleh tim teknis (Dinas PU TARUKIM)
9. Pas foto berwarna ukuran 3x4 (2 lembar)
  Tambahan untuk IMB Hotel / Pabrik / Perumahan / Pasar / Kantor Swasta
1. Fotokopi Izin Prinsip (2 rangkap)
2. Fotokopi Izin Lokasi (2 rangkap) (untuk luas > 1 Ha)
3. Fotokopi Izin Penggunaan Pemanfaatan Tanah (2 rangkap)
4. Rekomendasi Izin Lingkungan,Amdal (≥5 Ha) atau UKL/UPL (<5 Ha), SPPL
5. Sistem Pengamanan (2 rangkap) dimasukkan didalam gambar detail bangunan A3 (syarat no.7)
6. Sistem drainase, persampahan dan sanitasi penglohaan air limbah (IPAL Komunal) dimasukkan didalam gambar detail bangunan A3 (syarat no.7)
7. Instalasi air, listrik, dan telepon (2 rangkap) dimasukkan didalam gambar detail bangunan A3 (syarat no.7)
8. Rekomendasi kesediaan bahan baku untuk pabrik dari Dinas teknis terkait (2 rangkap)
  Tambahan untuk IMB Tower
1. Izin Prinsip penyelenggara jaringan atau izin penyelenggara jaringan dari kementrian KOMINFO (2 rangkap)
2. Advice Planning dari Dinas PU TARUKIM (2 rangkap)
3. Fotokopi Izin Penggunaan Pemanfaatan Tanah (2 rangkap)
4. Surat perjanjian sewa-menyewa antara perusahaan dan pemilik tanah (2 rangkap)
5. Surat persetujuan warga disekitar lokasi tower sesuai dengan Petunjuk Teknis Tower dari kementrian PU (2 rangkap)
6. Dokumen lingkungan dan izin lingkungan (2 rangkap)
7. Surat Pernyataan bersedia bertanggung jawab penuh terhadap resiko bangunan (2 rangkap)
  Tambahan untuk IMB Rumah Ibadah
1. Daftar jemaah minimal 90 KK yang disertai dengan fotokopi KTP yang berlaku dan daftar pendukung 60 orang yang disahkan lurah atau kepala desa (2 rangkap)
2. Rekomendasi dari FKUB (1 Asli, 1 fotokopi)
3. Rekomendasi dari Kantor Kementerian Agama Kab. Siak (1 Asli, 1 fotokopi)
  Tambahan untuk IMB Proyek Pemda
1. Fotokopi SPMK (2 rangkap)
2. Fotokopi Kontrak (2 rangkap)
  Tambahan untuk IMB Sekolah
1. Fotokopi Amdal (>5 Ha) atau UKL/UPL (<5 Ha) , SPPL (2 rangkap)
2. Fotokopi SK Yayasan dari Menkumham tentang Pendirian Sekolah (2 rangkap)
 

Pemecahan IMB

1. Permohonan diatas materai Rp. 6.000 ditujukan kepada Bupati Siak Cq. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab.Siak dengan Melampirkan :
2. Fotokopi KTP Pimpinan Perusahaan
3. Fotokopi Lunas PBB tahun terakhir (2 rangkap)
4. Fotokopi Sertifikat Induk dan sertifikat yang telah dibalik nama
5. Daftar nama pemecahan IMB

DAFTAR KELENGKAPAN GAMBAR RENCANA TEKNIS UNTUK IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB)

1.GAMBAR RENCANA ARSITEKTUR

  1. Gambar Situasi/ Rencana Tapak ( Site Plan )
  2. Gambar Denah Gambar Tampak ( Depan, Belakang, Samping Kanan, dan Samping Kiri )
  3. Gambar Potongan

2.GAMBAR RENCANA STRUKTUR

  1. Gambar Denah dan Detail Pondasi
  2. Gambar Detail Pembesian ( Kolom, Balok dan Plat Lantai )
  3. Gambar Detail Tangga ( untuk bangunan lebih dari 1 lantai )
  4. Gambar Rencana Struktur Atap ( Rangka dan Penutup ) dan detailnya
  5. Hasil penyelidikan tanah/ data uji sondir ( untuk bangunan tidak sederhana )

3.GAMBAR RENCANA UTILITAS

  1. Gambar Instalasi Listrik
  2. Gambar Instalasi Air Bersih dan Air Kotor
  3. Gambar Sistem Komurnal Air Limbah ( untuk perumahan )
  4. Gambar Instalasi Pengolahan Limbah ( untuk pabrik/ industri )
  5. Gambar Sistem Proteksi Kebakaran ( untuk pabrik/ industri, gudang, hotel dan lain – lain )
  6. Gambar sistem drainase ( untuk perumahan )
  7. Rekomendasi Tonase Jalan ( untuk pabrik/ industri )

Catatan :

  1. Gambar rencana teknis digambar dengan menggunakan skala.
  2. Gambar rencana teknis digambar pada kertas A3.
  3. Melampirkan fotokopi sertifikat keahlian perencana gambar teknis baik perseorangan/ badan usaha.
  4. Melampirkan fotokopi KTP pemilik sertifikat keahlian.
  5. Gambar ditandatangani oleh pemilik bengunan dan perencana gambar teknis ( tambahan cap badan usaha untuk bangunan tidak sederhana ).
  6. Untuk bangunan yang sudah terbangun, sertifikat keahlian disesuaikan dengan jenis dan fungsi bangunan ( misalkan untuk bangunan gedung diperlukan sertifikat ahli teknik bangunan gedung ) dan dilengkapi dengan surat pernyataan tanggung jawab atas bangunan tersebut
        (jika peraturan Bupati tentang Sertifikat laik fungsi telah disahkan maka point ini tidak berlaku)        

Mekanisme :

1. Pemohon menuju loket informasi
2. Mengisi formulir pendaftaran
3. Pemrosesan/pemeriksaan berkas persyaratan oleh Petugas Loket dan Kepala Bidang Pengaduan, Pelaporan, dan Pengolahan Data
4. Pemrosesan oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Perizinan dan Nonperizinan Pemanfaatan Ruang
5. Pemrosesan oleh Sekretaris
6. Pemrosesan dan Penandatanganan Sertifikat Perizinan oleh Kepala Dinas
7. Pencetakan/Penerbitan Sertifikat Perizinan
8. Penyerahan Sertifikat Perizinan oleh Petugas Loket

Biaya : Retribusi IMB

Waktu Penyelesaian : 10 (sepuluh) hari kerja

Download Formulir

     
    1. Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP)
    2. Izin Mendirikan Rumah Sakit
    3. Izin Operasional Rumah Sakit
    4. Izin Toko Obat
    5. Izin Apotek
    6. Izin Klinik
    7. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
    8. Tanda Daftar Gudang (TDG)
    9. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
    10. Tanda Daftar Industri (TDI)
    11. Izin Usaha Industri (IUI)
    12. Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
    13. Izin Gangguan (HO)
    14. Izin Usaha Jasa Konstruksi Nasional (IUJKN)
    15. Izin Lokasi
    16. Izin Penggunaan Pemanfaatan Tanah (IPPT)
    17. Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
    18. Izin Pengusahaan Penangkaran Sarang Burung Walet
    19. Izin Usaha Perkebunan (IUP)
    20. Izin Usaha Perkebunan untuk Pengolahan (IUP-P)
    21. Izin Usaha Perkebunan untuk Budidaya (IUP-B)
    22. Izin Prinsip Penanaman Modal
    23. Izin Usaha Penanaman Modal
    24. Izin Usaha Kawasan Industri (IUKI)
    25. Izin Usaha Pusat Perbelanjaan (IUPP)
    26. Izin Usaha Toko Modern (IUTM)
    27. Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW)
    28. Izin Pembangunan Pelabuhan Pengumpan Lokal
    29. Izin Pembangunan dan Pengoperasian Pelabuhan Sungai dan Danau
    30. Izin Trayek
    31. Perpanjangan IMTA
    32. Ketetapan SPPL
    33. Ketetapan UKL-UPL
    34. Ketetapan KA-ANDAL
    35. Ketetapan AMDAL
    36. Izin Lingkungan
    37. Izin Pengendalian Pembuangan Limbah Cair
    38. Izin Penyimpanan Limbah B3 Sementara
    39. Izin Pemanfaatan Air Limbah Industri Minyak Sawit pada Tanah di Perkebunan Kelapa Sawit (Land Application)