Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan sms melalui layanan pengaduan ini. Terimakasih.
 
 
Username :
Password :
 
 

 

Pekanbaru Terapkan PPKM Level IV, Warga Pekanbaru Wajib Tahu Ini

Selasa, 27 Juli 2021

Kota Pekanbaru, Provinsi Riau akhirnya menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level IV dimulai pada hari ini, 26 Juli hingga 8 Agustus 2021 mendatang.

"Penerapannya serentak dengan 37 kabupaten dan kota lainnya yang berada di 19 provinsi di luar Pulau Jawa dan Bali," kata Firdaus.

Dia menjelaskan, dalam surat edaran yang dikeluarkan, dipaparkan secara detail hal-hal yang diizinkan dan tak diizinkan selama PPKM level IV.

Salah satu poin yang diatur mengenai aktivitas perkantoran layanan publik. "Bagi kantor swasta dan pemerintah yang non pelayanan publik, 100 persen bekerja dari rumah," ucap Firdaus.

Berikut aturan selama PPKM level IV: 1. Pelaksanaan kegiatan pada sektor non-esensial diberlakukan 100 persen work from home (WFH).

2. Pelaksanaan kegiatan pada sektor : a. Esensial seperti keuangan dan perbankan, sistem pembayaran, teknologi informasi dan komunikasi, perhotelan non-penanganan karantina Covid-19, industri orientasi ekspor, sektor pemerintahan yang memberikan pelayanan publik dan perbendaharaan diberlakukan 50 persen work from office (WFO).

d b. Kritikal seperti energi, kesehatan, keamanan dan ketertiban masyarakat, logistik, dan transportasi, industri makanan, minuman dan penunjangnya, petrokimia semen, objek vital nasional, penanganan bencana, proyek strategis nasional, konstruksi, utilitas dasar (listrik dan air), serta industri pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat sehari-hari diberlakukan 100 persen maksimal staf WFO dengan protokol kesehatan secara ketat.

c. Untuk supermarket, pasar tradisional, toko kelontong dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari, dibatasai jam operasional sampai pukul 20.00 WIB dengan kapasitas pengunjung 50 persen.

d. Sektor industri ekspor dan penunjang ekspor diberlakukan sif, maksimal 50 persen dari total pekerja dalam 1 sif, dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

3. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (sekolah, perguruan tinggi, akademi, tempat pendidikan/pelatihan) dilakukan secara daring/online dan pelaksanaan pengawasan dilakukan oleh Dinas Pendidikan sesuai dengan kewenangan di setiap jenjang pendidikan.

4. Pelaksanaan kegiatan konstruksi beroperasi 100 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

5. Kegiatan pada pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan ditutup, kecuali akses ke apotek/toko, supermarket yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari dan restoran yang melayani delivery order/take away.

6. Pasar tradisional yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari diizinkan dibuka sampai pukul 20.00 WIB dengan kapasitas pengunjung 50 persen dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat, dan mengikuti SOP yang telah ditetapkan oleh Pemkot Pekanbaru melalui Dinas Perdagangan dan Industri.

7. Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen/outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan usaha kecil lainnya yang sejenis, diizinkan dibuka dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat sampai pukul 21.00 WIB.

8. Pelaksanaan kegiatan makan/minum di tempat umum (warung makan, rumah makan, kafe, pedagang kaki lima, lapak jajanan) baik yang berada pada lokasi tersendiri maupun yang berlokasi pada pusat perbelanjaan/mal, hanya menerima delivery/take away dan tidak menerima makan di tempat.

9. Tempat ibadah tidak mengadakan kegiatan peribadatan/keagamaan berjemaah atau yang diikuti banyak orang selama masa penerapan PPKM level IV dan mengoptimalkan pelaksanaan ibadah di rumah.

10. Fasilitas umum (area publik, taman umum, tempat wisata umum dan area publik lainnya) dan tempat hiburan umum ditutup selama penerapan PPKM level IV.

11. Kegiatan sosial kemasyarakatan, politik, seni, budaya, olahraga, seminar, lokakarya dan pertemuan luring yang dilakukan di dalam/di luar gedung pertemuan tidak diizinkan. Pelaksanaan resepsi pernikahan ditiadakan selama penerapan PPKM level IV.

12. Transportasi umum (kendaraan umum, angkutan massal, taksi (konvensional dan online) dan kendaraan sewa/rental diberlakukan dengan pengaturan kapasitas maksimal 70 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat. 13. Pelaku perjalanan domestik yang menggunakan transportasi pesawat harus menunjukkan kartu vaksin (minimal vaksinasi dosis pertama) dan PCR H-2 , untuk transportasi darat/laut/sungai antar kota dalam Provinsi Riau menunjukan kartu vaksin (minimal vaksinasi dosis pertama). Untuk transportasi antarkota, antar provinsi menunjukan kartu vaksin dan swab antigen H-1.

14. Pengaturan pelaksanaan PPKM mikro di tingkat RT/RW agar dilakukan pengetatan dengan mengaktifkan siskamling dan jam malam, serta mengatur buka tutup akses masuk ke lingkungan setelah pukul 20.00 WIB.

15. Bagi hotel/wisma/homestay dalam menerima tamu wajib mensyaratkan bebas Covid-19 dan untuk hotel yang menyelenggarakan jasa isolasi mandiri wajib mendapat izin dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru.

16. Bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan isolasi mandiri, penjemputan menuju tempat isolasi yang ditetapkan pemerintah dapat menghubungi fasilitas layanan kesehatan masyarakat (puskesmas) terdekat dan call center 112.

1. Nomor Induk Berusaha (NIB)
2. Izin Lokasi
3. Izin Lingkungan
4. Ketetapan SPPL
5. Ketetapan UKL-UPL/DPLH
6. Ketetapan AMDAL/DELH
7. Izin Pembuangan Air Limbah
8. Izin Operasional Pengelolaan Limbah B3 untuk Penghasil
9. Izin Pengelolaan Limbah B3 untuk Usaha Jasa
10. Izin Pengusahaan Penangkaran Sarang Burung Walet
11. Izin Penggunaan Pemanfaatan Tanah (IPPT)
12. Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
13. Sertifikat Laik Fungsi (SLF)
14. Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK)
15. Izin Usaha Pembangunan dan Pengusahaan Properti
16. Izin Usaha Bidang Perumahan
17. Izin Usaha Perkebunan (IUP)
18. Izin Usaha Obat Hewan
19. Izin Usaha Tanaman Pangan
20. Izin Usaha Hortikultura
21. Izin Usaha Peternakan
22. Surat Izin Usaha Perikanan
23. Izin Usaha Industri (IUI)
24. Izin Perluasan Usaha Industri
25. Izin Usaha Kawasan Industri (IUKI)
26. Izin Perluasan Kawasan Industri
27. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
28. Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW)
29. Tanda Daftar Gudang (TDG)
30. Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang
31. Izin Penyelenggaraan Pelabuhan Sungai dan Danau
32. Izin Usaha Angkutan Sungai dan Danau
33. Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP)
34. Izin Pendirian Program atau Satuan Pendidikan
35. Izin Pendirian Satuan Pendidikan Nonformal
36. Verifikasi Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing
37. Izin Toko Obat
38. Izin Apotek
39. Izin Operasional Klinik
40. Izin Mendirikan Rumah Sakit
41. Izin Operasional Rumah Sakit
42. Izin Toko Alat Kesehatan
43. Izin Operasional Laboratorium Klinik Umum dan Khusus
44. Usaha Kecil dan Mikro Obat Tradisional
45. Izin Perusahaan Rumah Tangga Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga
46. Izin Penyelenggaraan Pengendalian Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit
47. Surat Izin Praktik Perawat (SIPP)
48. Surat Izin Praktik Bidan (SIPB)
49. Surat Izin Praktik Apoteker (SIPA)
50. Surat Izin Praktik Penata Anastesi (SIPPA)
51. Surat Izin Kerja/Praktik Fisioterapis (SIKF/SIPF)
52. Surat Izin Kerja Refraksionis Optisien (SIKRO)/Surat Izin Kerja Optometris (SIKO)
53. Surat Izin Kerja Radiografer (SIKR)
54. Surat Izin Praktik Elektromedis (SIP-E)
55. Surat Izin Kerja Tenaga Sanitarian (SIKTS)
56. Surat Izin Kerja/Praktik Okupasi Terapis (SIKOT/SIPOT)
57. Surat Izin Kerja/Praktik Tenaga Gizi(SIKTGz/SIPTGz)
58. Surat Izin Praktik Ahli Teknologi Laboratorium Medik (SIP-ATLM)
59. Surat Terdaftar Penyehat Tradisional(STPT)
60. Surat Izin Praktik Terapis Gigi dan Mulut (SIPTGM)
61. Surat Izin Praktik Tenaga Teknis Kefarmasian (SIPTTK)
62. Surat Izin Tukang Gigi
63. Surat Izin Kerja/Praktik Terapi Wicara (SIKTW/SIPTW)
64. Surat Izin Kerja Teknisi Gigi (SIKTG)
65. Surat Izin Kerja/Praktik Ortotis Prostetis (SIKOP/SIPOP)
66. Surat Izin Kerja Perekaman Medis
67. Izin Pelayanan Kesehatan SPA
68. Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT)
69. Sertifikat Laik Sehat Hotel
70. Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Depot Air Minum Isi Ulang
71. Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Jasa Boga
72. Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Rumah Makan dan Restoran
73. Izin Usaha Mikro dan Kecil
74. Izin Koperasi Simpan Pinjam
75. Izin Pembukaan Kantor Cabang Koperasi Simpan Pinjam
76. Surat Izin Praktik Dokter Hewan
77. Surat Izin Paramedik Veteriner Pelayanan Kesehatan Hewan
78. Surat Izin Paramedik Veteriner Pelayanan Inseminator
79. Surat Izin Paramedik Veteriner Pelayanan Pemeriksaaan Kebuntingan
80. Surat Izin Paramedik Veteriner Pelayanan Teknik Reproduksi
81. Surat Izin Usaha Veteriner
82. Rekomendasi Wilayah Izin Usaha Pertambangan Mineral Bukan Logam dan Batuan
83. Surat Keterangan Penelitian