Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan sms melalui layanan pengaduan ini. Terimakasih.
 
 
Username :
Password :
 
 

 

PTSP Pemkab Siak Nominasi 25 Terbaik Nasional Versi BPKM RI

Jumat, 02 Juli 2021

Pemerintah Daerah Kabupaten Siak terpilih menjadi nominee Pemerintah Daerah yang berkinerja sangat baik dalam hal penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) untuk Pemerintah Kabupaten, sesuai rapat hasil penilaian dari Tim Penilai BKPM Tanggal 18 Juni 2021 lalu di Jakarta.

Dengan terpilihnya Pemkab Siak sebagai nominasi 25 terbaik se-Indonesia tersebut, Sekretaris Daerah Arfan Usman dan Kepala DPMPTSP Heriyanto diundang oleh Kementerian Investasi/ Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), untuk melakukan presentasi lebih lanjut terkait penyelenggaraan PTSP dan PPB yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Siak di Jakarta, Rabu (30/6/2021).

"Alhamdulillah setakat ini Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha yang dilaksanakan oleh Pemkab Siak masuk nominasi 25 kabupaten terbaik untuk tingkat nasional, berdasarkan hasil keputusan rapat tim penilai dari BKPM. Untuk itu kita senantiasa mohon doa dan dukungan seluruh masyarakat Kabupaten Siak agar kita mampu menembus 5 besar dan menjadi salah satu yang terbaik setelah tahapan uji petik nanti," kata Sekda Arfan Usman usai menghadiri presentasi di hadapan 12 tim penilai secara virtual.

Arfan Usman menjelaskan, kegiatan penilaian kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan penilaian kinerja Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) dilakukan terhadap seluruh Pemerintah Daerah dan penilianan atas kinerja PPB terhadap Kementerian dan Lembaga, sebagai tindak lanjut dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 42 Tahun 2020 tentang Pemberian Penghargaan dan atau Pengenaan Sanksi Kepada Kementerian Negara/ Lembaga dan Pemerintah Daerah.

"Tujuannya untuk memperbaiki iklim pelaksanaan berusaha di daerah dan kualitas pelayanan publik di PTSP pemerintah daerah, dengan aktivitas dan kinerja PPB diantaranya identifikasi dan inventarisasi Peraturan Perizinan Berusaha, penyusunan SOP, evaluasi dan tindaklanjut SOP, penyusunan regulasi Perizinan Berusaha, sosialisasi Perizinan Berusaha, implementasi aplikasi pendukung sistem OSS, evaluasi pelaksanaan perizinan berusaha melalui OSS, koordinasi dengan Perangkat Daerah dan Kementerian/Lembaga," jelas Arfan.

Arfan juga menyebut mekanisme penilaian dilakukan lewat pengawasan dengan menggunakan sistem Online Single Submission (OSS) yang telah dilaksanakan, dan akan dikoordinasikan baik di tingkat pusat maupun daerah. Hasil penilaian nantinya, akan diserahkan kepada Menteri Keuangan sebagai pertimbangan dalam pemberian insentif atau sanksi kepada pemerintah pusat dan daerah pada Tahun 2022.

Sementara itu dalam pemaparannya, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Siak Heriyanto menjelaskan, saat ini Pemkab Siak melalui DPMPTSP Kabupaten Siak telah dapat melaksanakan 77 jenis layanan perizinan Online Single Submission (OSS), baik berupa layanan izin usaha, izin komersial maupun izin operasional.

Jumlah tersebut terus meningkat sejak tahun 2009 yang lalu saat Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu pertama kali dibentuk di Kabupaten Siak dengan 24 jenis izin usaha, seiring pelimpahan wewenang yang terus didapuk kepada OPD tersebut.

"Pelayanan Terpadu Satu Pintu dibentuk 12 Tahun yang lalu di Negeri Istana, mengingat besarnya peluang berinvestasi di Kabupaten Siak yang berada di kawasan Hinterland area daerah kerjasama Ekonomi Regional SIJORI, yakni Singapura, Johor dan Riau, selain itu Siak termasuk dalam kawasan pertumbuhan ekonomi Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) serta memiliki Kawasan Industri dan Pelabuhan Tanjung Buton," jelasnya.

Untuk menjangkau dan memaksimalkan potensi dan peluang Investasi yang dimiliki Kabupaten Siak dengan luas wilayah 8.556,09 Km serta terdiri dari 14 kecamatan dan 131 kampung/ kelurahan tersebut, Heri menjelaskan kepada tim penilai bahwa DPMPTSP telah melakukan berbagai inovasi berbasis IT diantaranya melalui Aplikasi Perizinan Online untuk Pemenuhan Komitmen Perizinan melalui OSS, Sistem Layanan Pengaduan Online, Tanda Tangan Elektronik dan Sertifikat Perizinan Digital, SMS Notifikasi dan Whatapps dan Kedai Pelayanan Perizinan Berusaha di Kecamatan.

Sejumlah perbaikan kata dia juga telah dilakukan DPMPTSP untuk meningkatkan pelayanan, diantaranya dengan menyediakan layanan mandiri, layanan berbantuan, dan layanan prioritas, melakukan sosialisasi pelayanan perizinan berusaha melalui Online Single Submission (OSS), memberikan pelatihan OSS kepada petugas operator kecamatan, membuat Kedai Pelayanan Perizinan Berusaha, menyediakan Aplikasi Perizinan Online yang diterbitkan melalui Online Single Submission, memberlakukan Tanda Tangan Elektronik dan Sertifikat Perizinan Digital, Fraud Control Plan (FCP), dan Integrasi Aplikasi Perizinan dengan Aplikasi Pajak Daerah.

Hasilnya pada Tahun 2020 yang lalu, realisasi investasi yang berhasil dicapai DPMPTSP Kabupaten Siak sebesar Rp. 3.750.730.740.000 dari target yang ditetapkan sebesar Rp1.100.000.000.000 dari sejumlah potensi dan peluang investasi dibidang industri minyak dan gas bumi, pertanian, perkebunan kelapa sawit dan karet, industri pupuk, industri pengolahan kelapa sawit, industri pulp paper & tisu, industri pengolahan limbah, galangan kapal, dan lain sebagainya.

"Selain itu 17 penghargaan yang telah diterima baik ditingkat nasional dan Provinsi Riau, menjadikan DPMTSP Kabupaten Siak salah satu tujuan favorit pelaksanaan studi banding pemerintah daerah di Indonesia. Dalam rentang waktu 2014-2021, tercatat sudah lebih dari 54 pemerintah daerah setingkat Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten melakukan benchmarking ke Kabupaten Siak," ungkap Heriyanto.

1. Nomor Induk Berusaha (NIB)
2. Izin Lokasi
3. Izin Lingkungan
4. Ketetapan SPPL
5. Ketetapan UKL-UPL/DPLH
6. Ketetapan AMDAL/DELH
7. Izin Pembuangan Air Limbah
8. Izin Operasional Pengelolaan Limbah B3 untuk Penghasil
9. Izin Pengelolaan Limbah B3 untuk Usaha Jasa
10. Izin Pengusahaan Penangkaran Sarang Burung Walet
11. Izin Penggunaan Pemanfaatan Tanah (IPPT)
12. Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
13. Sertifikat Laik Fungsi (SLF)
14. Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK)
15. Izin Usaha Pembangunan dan Pengusahaan Properti
16. Izin Usaha Bidang Perumahan
17. Izin Usaha Perkebunan (IUP)
18. Izin Usaha Obat Hewan
19. Izin Usaha Tanaman Pangan
20. Izin Usaha Hortikultura
21. Izin Usaha Peternakan
22. Surat Izin Usaha Perikanan
23. Izin Usaha Industri (IUI)
24. Izin Perluasan Usaha Industri
25. Izin Usaha Kawasan Industri (IUKI)
26. Izin Perluasan Kawasan Industri
27. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
28. Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW)
29. Tanda Daftar Gudang (TDG)
30. Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang
31. Izin Penyelenggaraan Pelabuhan Sungai dan Danau
32. Izin Usaha Angkutan Sungai dan Danau
33. Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP)
34. Izin Pendirian Program atau Satuan Pendidikan
35. Izin Pendirian Satuan Pendidikan Nonformal
36. Verifikasi Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing
37. Izin Toko Obat
38. Izin Apotek
39. Izin Operasional Klinik
40. Izin Mendirikan Rumah Sakit
41. Izin Operasional Rumah Sakit
42. Izin Toko Alat Kesehatan
43. Izin Operasional Laboratorium Klinik Umum dan Khusus
44. Usaha Kecil dan Mikro Obat Tradisional
45. Izin Perusahaan Rumah Tangga Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga
46. Izin Penyelenggaraan Pengendalian Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit
47. Surat Izin Praktik Perawat (SIPP)
48. Surat Izin Praktik Bidan (SIPB)
49. Surat Izin Praktik Apoteker (SIPA)
50. Surat Izin Praktik Penata Anastesi (SIPPA)
51. Surat Izin Kerja/Praktik Fisioterapis (SIKF/SIPF)
52. Surat Izin Kerja Refraksionis Optisien (SIKRO)/Surat Izin Kerja Optometris (SIKO)
53. Surat Izin Kerja Radiografer (SIKR)
54. Surat Izin Praktik Elektromedis (SIP-E)
55. Surat Izin Kerja Tenaga Sanitarian (SIKTS)
56. Surat Izin Kerja/Praktik Okupasi Terapis (SIKOT/SIPOT)
57. Surat Izin Kerja/Praktik Tenaga Gizi(SIKTGz/SIPTGz)
58. Surat Izin Praktik Ahli Teknologi Laboratorium Medik (SIP-ATLM)
59. Surat Terdaftar Penyehat Tradisional(STPT)
60. Surat Izin Praktik Terapis Gigi dan Mulut (SIPTGM)
61. Surat Izin Praktik Tenaga Teknis Kefarmasian (SIPTTK)
62. Surat Izin Tukang Gigi
63. Surat Izin Kerja/Praktik Terapi Wicara (SIKTW/SIPTW)
64. Surat Izin Kerja Teknisi Gigi (SIKTG)
65. Surat Izin Kerja/Praktik Ortotis Prostetis (SIKOP/SIPOP)
66. Surat Izin Kerja Perekaman Medis
67. Izin Pelayanan Kesehatan SPA
68. Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT)
69. Sertifikat Laik Sehat Hotel
70. Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Depot Air Minum Isi Ulang
71. Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Jasa Boga
72. Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Rumah Makan dan Restoran
73. Izin Usaha Mikro dan Kecil
74. Izin Koperasi Simpan Pinjam
75. Izin Pembukaan Kantor Cabang Koperasi Simpan Pinjam
76. Surat Izin Praktik Dokter Hewan
77. Surat Izin Paramedik Veteriner Pelayanan Kesehatan Hewan
78. Surat Izin Paramedik Veteriner Pelayanan Inseminator
79. Surat Izin Paramedik Veteriner Pelayanan Pemeriksaaan Kebuntingan
80. Surat Izin Paramedik Veteriner Pelayanan Teknik Reproduksi
81. Surat Izin Usaha Veteriner
82. Rekomendasi Wilayah Izin Usaha Pertambangan Mineral Bukan Logam dan Batuan
83. Surat Keterangan Penelitian