Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan sms melalui layanan pengaduan ini. Terimakasih.
 
 
Username :
Password :
 








 
 

 

Bupati Siak Buka Bulan Bakti KB-Kes di Pusako

Rabu, 21 Maret 2012

SIAK - Ikatan Bidan Indonesia, Rabu (21/3/12) gelara bulan bakti kesehatan yang dipusatkan di kecamatan Pusako,. Kesempatan tersebut dihadiri Bupati Siak Syamsuar, Camat Pusako Khairial Azmii, para kepala dinas, badan dan kantor serta Camat se-Kabupaten Siak, unsur Muspida Siak, acara berlangsung dihalaman Kantor Camat Pusako.

Dalam kesempatan itu Bupati Siak Syamsuar menyampaikan bahwa Pencanganan bulan bakti IBI-KB-Kesehatan yang di laksanakan di Kecamatan Pusako untuk dapat ditingkatkan dari segi kualitas pelayanan kesehatan dan mengurangi angka kematian terhadap anak dan ibu, tentunya harus melaksanakan tugas secara profesional, karena kondisi saat ini bahwa Pertambahaan peduduk menurut daerah ukur dan kebutuhan pangan telah dihitung.

sementara kebutuhan pangan setiap tahun mengalamai pertambahan yang terus meningkat, karena itu dalam upaya ini harus melakukan adanya pemanfaatan lahan pangan terutama pekarangan untuk dijadikan lahan pangan, dan kebutuhan pangan sudah mendunia, karena itu dalam upaya mengatasi ledakan pendudukan harus diatasi, karena itu jangan sampai ada masyarakat kita yang kekurangan pangan dan ini menjadi tanggung jawab pemimpin.

Untuk mengatasai masalah ledakan penduduk kegiatan melalui gerakan KB yang merupakan kegiatan yang dipadukan dengan kesehatan untuk mengatasi tingkat penurunan kematian, Bupati minta kepada para bidan dan para tenaga medis lainnya agar dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan, edukasi dan profesionalismenya kepada masyarakat dalam upaya menekan angka pertumbuhan penduduk di Indonesia khususnya di Kabupaten Siak.

Marilah kita berikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang tulus, jelas dan meyakinkan, sehingga warga masyarakat dapat mengerti sekaligus memberikan kontribusi besar bagi upaya peningkatan keluarga sejahtera dan kualitas kesehatan masyarkat.

Lebih lanjut Bupati Siak Syamsuar mengharapkan kepada seluruh kader Ikatan Bidan Indonesia dan Kesehatan, dalam melaksanakan kegiatan ini jangan hanya bertumpu kepada kegiatan fisik saja tetapi juga penting dilakukan adalah kegiatan non fisik yang lebih difokuskan pada bentuk sosialisasi, penyuluhan dan pendekatan komperehensif kepada seluruh unsur masyarakat, guna mewujudkan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,karenanya diharapkan dengan adanya program IBI-KB-Kesehatan ini bisa juga berdampak kepada sektor lain, sehingga masyarakat Kabupaten Siak bisa meningkatkan perekonomian dan segala aspeknya.

Disamping itu bahwa kegiatan ini juga dapat meningkatkan pencapaian sasaran program pemerintah dibidang kependudukan, KB dan Kesehatan. Dengan demikian usaha untuk mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan mengembangkan kualitas penduduk pada seluruh dimensi penduduk akan lebih cepat dapat direalisasikan. Kegiatan ini juga dapat menjadikan contoh oleh organisasi profesi lainnya didaerah ini, dan menjadi bahan masukan terhadap kebijakan yang akan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Siak terkait dengan kependudukan, KB dan kesehatan.

Karena tidak dapat kita pungkiri bahwa peranan para bidan atau tenaga medis dalam pelayanan alat kontrasepsi adalah yang paling utama, tanpa ada rekomendasi dari mereka, alat kontrasepsi tidak boleh diberikan kepada calon akseptor,mak dengan adanya Bhakti Sosial IBI-KB-Kesehatan ini akan menunjukkan betapa komitnya para bidan untuk menyukseskan Prgram Keluarga Berencana.

Hal ini sejalan dengan Kesepakatan Bersama antara BKKBN dengan IBI nomor 148/HK-101/E3/2004 dan nomor 049/SKEP-PPIBI/VI/2004 tentang Pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi melalui Fasilitas Pelayanan Kesehatan dan Keluarga Berencana IBI.

Sementara itu Ketua IBI Kabupaten Siak selaku ketua panitia Badariah, menyampaikan bahwa program KB bertujuan untuk memenuhi kesehatan ibu, pelayanan KB yang berkualitas menghadapi tantangan global dan untuk meningkatkan bidan dalam upaya menciptakan kesehatan Ibu dan anak yang saat ini mejadi tanggung jawab bersama antara pemerintah dan tenaga medis yang ada di kabupaten Siak, “Ppelayanan KB yang berkualitas merupakan aksi nyata bidan dalam mendukung pencapaian MDGs.”

Karena itu tentunya upaya yang dilakukan melalui program KB Kesejatan ini dalam upaya untuk membantu pemerintah terhadap ledakan penduduk yang kian meningkat, sementara kebutuhan pagan akan terbatasi oleh karena itu sosialisasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk ikut ber KB ada menjadi tanggung jawabnya untuk melaksanakan di tengah tengah masyarakat Kabupaten Siak.

Sementara itu Camat Pusako Khairial Azmi, menyampaikan dengan bangga Kecamatan Pusako ditunjuk sebagai tuan rumah dalam pelaksanakan pencanagana bulan Bakti KB Kesehatan, tentunya kedepan diharapkan Kecamatan Pusako akan berdiri sejajar dengan Kecamatan lain yang ada di Kabupaten Siak.

"Dalam kegiatan kesehatan ini Kecaatan Pusako masih tergolong rendahnya tinkat aseptor yang dilakukan oleh usia subur, dalam upaya untuk mewujudkan keluarga sejahtera, tentunya harus adanya dukungan dari semua masyarakat agar masyarakat kita kedepan menjadi sejahtera, untuk menjaga jarak kelahiran, hal ini dilakukan dalam upaya untuk menjaga kesehatan ibu," terang Camat.

Sumber : Riauterkini


1. Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP)
2. Izin Mendirikan Rumah Sakit
3. Izin Operasional Rumah Sakit
4. Izin Toko Obat
5. Izin Apotek
6. Izin Operasional Klinik
7. Surat Izin Praktik Bidan (SIPB)
8. Surat Izin Praktik Apoteker (SIPA)
9. Surat Izin Kerja/Praktik Perawat (SIKP/SIPP)
10. Surat Izin Praktik Penata Anastesi (SIPPA)
11. Surat Izin Kerja/Praktik Fisioterapis (SIKF/SIPF)
12. Surat Izin Kerja Refraksionis Optisien (SIKRO)
13. Surat Izin Kerja Radiografer (SIKR)
14. Surat Izin Praktik Elektromedis (SIP-E)
15. Surat Izin Kerja Tenaga Sanitarian (SIKTS)
16. Surat Izin Kerja/Praktik Okupasi Terapis (SIKOT/SIPOT)
17. Surat Izin Kerja/Praktik Tenaga Gizi(SIKTGz/SIPTGz)
18. Surat Izin Praktik Ahli Teknologi Laboratorium Medik (SIP-ATLM)
19. Surat Izin Praktik Terapis Gigi dan Mulut (SIPTGM)
20. Surat Izin Praktik Tenaga Teknis Kefarmasian (SIPTTK)
21. Surat Izin Tukang Gigi
22. Surat Izin Kerja/Praktik Terapi Wicara (SIKTW/SIPTW)
23. Surat Izin Kerja Teknisi Gigi (SIKTG)
24. Surat Terdaftar Penyehat Tradisional(STPT)
25. Sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan
26. Sertifikat Laik Sehat Hotel
27. Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Depot Air Minum Isi Ulang
28. Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Jasa Boga
29. Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Rumah Makan dan Restoran
30. SIUP/IUTS/IUPP
31. Tanda Daftar Gudang (TDG)
32. Nomor Induk Berusaha (NIB)/Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
33. Izin Usaha Industri (IUI)
34. Surat Izin Tempat Usaha (SITU) >150 M2
35. Izin Usaha Jasa Konstruksi Nasional (IUJKN)
36. Izin Lokasi
37. Izin Penggunaan Pemanfaatan Tanah (IPPT)
38. Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
39. Izin Pengusahaan Penangkaran Sarang Burung Walet
40. Izin Usaha Kawasan Industri (IUKI)
41. Izin Perluasan Usaha Industri
42. Izin Perluasan Kawasan Industri
43. Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW)
44. Izin Penyelenggaraan Pelabuhan Sungai dan Danau
45. Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan (SPPL)
46. Ketetapan UKL-UPL/DPLH
47. Ketetapan AMDAL/DELH
48. Ketetapan KA-ANDAL
49. Izin Lingkungan
50. Izin Pembuangan Air Limbah
51. Izin Penyimpanan Sementara Limbah B3
52. Perpanjangan Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing
53. Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang
54. Izin Pendirian Program atau Satuan Pendidikan
55. Izin Pendirian Satuan Pendidikan Nonformal
56. Sertifikat Laik Fungsi (SLF)
57. Izin Usaha Obat Hewan
58. Izin Usaha Tanaman Pangan
59. Pendaftaran Usaha Perkebunan
60. Pendaftaran Usaha Tanaman Pangan
61. Surat Izin Usaha Perikanan
62. Izin Usaha Mikro Obat Tradisional (UMOT)
63. Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT)
64. Izin Perusahaan Rumah Tangga Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga
65. Izin Usaha Perkebunan
66. Izin Toko Alat Kesehatan
67. Izin Operasional Laboratorium Klinik Umum Pratama
68. Izin Penyelenggaraan Pengendalian Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit
69. Izin Usaha Pembangunan dan Pengusahaan Properti
70. Izin Usaha Bidang Perumahan