Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan sms melalui layanan pengaduan ini. Terimakasih.
 
 
Username :
Password :
 
 

 

Pemkab Siak Optimalkan Daur Ulang Sampah

Kamis, 23 Pebruari 2012

SIAK - Sampah yang notabene adalah barang sisa yang tidak berguna namun akan bermanfaat bila dikelola dengan baik. Jika tidak dikelola dengan baik sampah juga akan menjadi masalah. Melihat fenomena ini sampah yang kurang dimanfaatkan dengan cara yang benar, tak jarang sampah akan bereaksi membentuk senyawa lain yang berbahaya.

Diungkapkan Bupati Siak Syamsuar pada Workshop Pelatihan Daur Ulang Sampah & Komposting tanggal 22-23 Februari 2012 oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Siak, di Aula SMA Negeri 1 Siak, Rabu (22/2/12).

Untuk kegiatan kali ini, BLH Kabupaten Siak mengambil tema "Memanfaatkan sampah, lingkungan bersih penghargaan diraih, rezeki juga bertambah". Menurut Bupati, pengelolaan sampah dan upaya menciptakan lingkungan bersih bukan bertujuan meraih adipura semata. Akan tetapi hidup pada lingkungan bersih adalah tujuan utama.

"Bukan adipura yang menjadi tujuan utama, tetapi kebersihan secara menyeluruh yang sangat terpenting. Saya juga bersyukur dan berterimakasih kepada bapak-bapak ibu yang setiap hari bekerja sejak dari pagi untuk membersihkan lingkungan dan jalan-jalan di kota Siak," terang Syamsuar.

Pelatihan daur ulang sampah yang ini dikonsentrasikan pada kalangan tenaga pendidik atau guru, masyarakat yang terdiri dari ibu rumah tangga, kader PKK desa/kelurahan, serta para pelajar yang dididik khusus oleh pusat pengelolaan ekoregion sumatera.

Menangkal pembuangan sampah sembarangan atau tindakan yang merugikan dari pihak yang bertanggungjawab, Bupati mengharapkan dinas terkait untuk bersinergi mengusulkan semacam ranperda ke dewan agar disiapkan sebuah produk hukum untuk pengelolaan sampah, karena menurut Bupati, perlu ada aturan yang mengatur untuk pengelolaan sampah.

"Bisa saja nanti orang buang limbah sembarangan karena tidak ada aturan hukum yang mengaturnya," ujar SYamsuar.

Guna mengurangi resiko akaibat reaksi sampah maka pemilahan sampah menjadi sesuatu yang harus segera dilakukan. Pengolahannya dapat dilakukan melalui tindakan atau prinsip 3 R yakni Reduce,pengurangan, Recycle daur ulang dan Re-use, penggunaan kembali.

"Pengelolaan dengan konsep 3 R ini terbukti cukup membantu proses pengurangan sampah baik organik maupun anorganik," ujar Bupati Siak.

Namun yang terpenting lanjutnya merubah prilaku masyarakat terhadap pemanfaatan sampah. Syamsuar juga berharap BLH dapat memprogramkan kegiatan seperti ini di ibu kota kecamatan lain yang ada di kabupaten Siak.

"Tidak hanya di kota Siak, tetapi juga perlu diadakan di kecamatan- kecamatan lain. Dan saya menghimbau kepada masyarakat Siak dan Mempura khususnya untuk dapat membulatkan tekad dan semangat secara proaktif dalam meningkatkan kesadaran demi mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat," lanjut Syamsuar.

"Sudah saatnya, meninggalkan kebiasaan jelek kita yang tanpa merasa berdosa membuang sampah sembarangan," kata Syamsuar.

Sumber : riauterkini.com

1. Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP)
2. Izin Mendirikan Rumah Sakit
3. Izin Operasional Rumah Sakit
4. Izin Toko Obat
5. Izin Apotek
6. Izin Klinik
7. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
8. Tanda Daftar Gudang (TDG)
9. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
10. Tanda Daftar Industri (TDI)
11. Izin Usaha Industri (IUI)
12. Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
13. Izin Gangguan (HO)
14. Izin Usaha Jasa Konstruksi Nasional (IUJKN)
15. Izin Lokasi
16. Izin Penggunaan Pemanfaatan Tanah (IPPT)
17. Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
18. Izin Pengusahaan Penangkaran Sarang Burung Walet
19. Izin Usaha Perkebunan (IUP)
20. Izin Usaha Perkebunan untuk Pengolahan (IUP-P)
21. Izin Usaha Perkebunan untuk Budidaya (IUP-B)
22. Izin Prinsip Penanaman Modal
23. Izin Usaha Penanaman Modal
24. Izin Usaha Kawasan Industri (IUKI)
25. Izin Usaha Pusat Perbelanjaan (IUPP)
26. Izin Usaha Toko Modern (IUTM)
27. Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW)
28. Izin Pembangunan Pelabuhan Pengumpan Lokal
29. Izin Pembangunan dan Pengoperasian Pelabuhan Sungai dan Danau
30. Izin Trayek
31. Perpanjangan IMTA
32. Ketetapan SPPL
33. Ketetapan UKL-UPL
34. Ketetapan KA-ANDAL
35. Ketetapan AMDAL
36. Izin Lingkungan
37. Izin Pengendalian Pembuangan Limbah Cair
38. Izin Penyimpanan Limbah B3 Sementara
39. Izin Pemanfaatan Air Limbah Industri Minyak Sawit pada Tanah di Perkebunan Kelapa Sawit (Land Application)