Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan sms melalui layanan pengaduan ini. Terimakasih.
 
 
Username :
Password :
 








 

TANDA DAFTAR USAHA PARIWISATA (TDUP)

Dasar Hukum :

1. Undang- Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan
2. Peraturan Menteri Pariwisata Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pendaftaran Usaha Pariwisata
3. Peraturan Daerah Kabupaten Siak No.13 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan
4. Peraturan Daerah Kabupaten Siak No.2 Tahun 2017 tentang Pariwisata Halal
5. Peraturan Bupati Siak Nomor 78 Tahun 2017 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Usaha Pariwisata
6. Peraturan Bupati Siak No.10 Tahun 20018 tentang Pedelegasian Wewenang Perizinan dan Nonperizinan Kepada Kepala DPMPTSP Kab.Siak
7. Peraturan Bupati Siak No.12 Tahun 20018 tentang Standar Operasional Prosedur Perizinan dan Nonperizinan Pada DPMPTSP Kab. Siak.

Persyaratan TDUP Baru :

Permohonan diatas Materai Rp. 6.000,- ditujukan Kepada Bupati Siak Cq. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Siak dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP Pimpinan Perusahaan
2. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila Pengurusan diwakilkan
3. Fotokopi Akta Pendirian Perusahaan dan/atau Perubahan Perusahaan dan Pengesahan dari Instansi yang Berwenang
4. Fotokopi NPWP/NPWPD perusahaan
5. Fotokopi Izin Lingkungan dan Dokumen AMDAL, UKL-UPL atau SPPL
6. Fotokopi Sertifikat/Bukti Penguasaan Tanah dan atau Bangunan Tempat Usaha
7. Fotokopi Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
8. Profil Perusahaan
9. Surat Pernyataan Keabsahan dan Kebenaran Dokumen yang ditandatangani oleh pemilik usaha di atas Materai Rp 6.000,-
10. Bukti Pendaftaran Kepesertaan JKN / Sertifikat dan bukti Pembayaran terakhir Kepesertaan JKN
11. Sertifikat tanda Bukti Kepesertaan jaminan Sosial Ketenagakerjaan serta Bukti Pembayaran Iuran Terakhir ( Badan Usaha)
12. Pas Foto berwarna ukuran 3x4 (3 lembar)

Persyaratan Izin Teknis Bagi Usaha Pariwisata yang Tergolong Usaha:

Usaha Mikro dan Kecil :
1. IMB atau perjanjian penggunaan Bangunan atau Tempat usaha
2. SPPL,dibuat oleh pemohon dn disetujui oleh petugas instansi yang berwenang,,sedangkan untuk usah berada di dalam kawasan yang telah memiliki izin lingkungan ,tidak perlu persetujuan dari petugas instansi yang berwenang
3. Surat Pemberitahuan Pendirian Usaha untuk usaha mikro dan kecil dari pengusaha kepada Kepala Kelurahan /Kampung
4. Surat Rekomendasi/Keterangan instansi berwenang yang menyatakan bahwa usaha tersebut adalah usaha mikro atau kecil
Usaha Menengah dan Besar :
1. IMB atau perjanjian penggunaan Bangunan atau Tempat usaha
2. Izin Lingkungan ,dikecualikan untuk usaha menengah dan besar yang berada dikawasan yang telah memiliki izin lingkungan

Tambahan Persyaratan Khusus :

Usaha Mikro dan Kecil :
1. Usaha Daya Tarik Wisata, dilengkapi fotokopi bukti hak pengelolaan dari pemilik daya tarik wisata (untuk Usaha Daya Tarik Wisata yang bukan milik sendiri)
2. Usaha Kawasan Pariwisata ,Dilengkapi Foto Bukti Hak Atas Tanah atau Hak Pakai / Sewa
3. Usaha Jasa transportasi Wisata ,Dilengkapi dengan surat Keterangan tertulis dari Pengusaha Pariwisata tentang perkiraan kapasitas jasa transportasi wisata yang dinyatakan dalam jumlah kendaraan ,kapal atau kereta api, serta daya angkut yang tersedia, Fotokopi Izin Usaha angkutan Kuhusus.
4. Usaha jasa makan dan minum ,dilengkapi surat pernyantaan akan mengurus Sertifikat /Rekomendasi Laik Sehat dan Sertifikat Halal paling lama 3 bulan sejak TDUP diterbitkan serta keterangan tertulis dari pengusaha pariwisata tentang perkiraan kapasitas jasa makanan dan minuman yang dinyatakan dalam jumlah kursi
5. Usaha rumah bilyar ,dilengkapi surat Rekomendasi dari MUI dan KONI kabupaten serta bagi karyawannya diwajibkan berbusana sopan dan rapi yang mengedepankan norma-norma agama
6. Usaha Penyediaan akomondasi ,dilengkapi keterangan tertulis dari pengusaha pariwisata tentang perkiraan kapasitas penyediaan akomondasi yang dinyatakan dalam jumlah kamar serta tentang fasilitas yang tersedia
7. Usaha Wisata Tirta subjenis dermaga wisata ,dilengkapi izin operasional sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
8. Usaha rumah pijit ,dilengkapi surat terdaftar pengobatan tradisional (STPT) bagi pemijat
9. Usaha SPA,dilengkapi surat terdaftar pengobatan tradisonal (STPT) bagi terapis dan surat rekomendasi pengunaan peralatan kesehatan dari insrtansi teknis terkait dalam hal ini Kepala Dinas Kesehatan,apabila mengunakan peralatan kesehatan.

Persyaratan TDUP Pemutakhiran/Perubahan:

Permohonan diatas Materai Rp. 6.000,- ditujukan Kepada Bupati Siak Cq. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Siak dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP Pimpinan Perusahaan
2. Surat Kuasa dan Fotokopi KTP apabila Pengurusan diwakilkan
3. Fotokopi NPWP/NPWPD perusahaan
4. Fotokopi Dokumen yang dimutakhirkan (Profil dokumen pemutakhiran)
5. Dokumen izin teknis yang dipersyaratkan apabila terdapat pemutakhiran pada dokumen teknis dimaksud
6. TDUP asli yang dimohonkan pemutakhiran
7. Surat pernyataan Keabsahan dan Kebenaran Dokumen Pemutakhiran Data yang ditandatangani oleh pemilik usaha diatas Materai Rp 6000
8. Bukti Pendaftaran Kepesertaan JKN / Sertifikat dan bukti Pembayaran terakhir Kepesertaan JKN
9. Sertifikat tanda Bukti Kepesertaan jaminan Sosial Ketenagakerjaan serta Bukti Pembayaran Iuran Terakhir ( Badan Usaha)
10. PasFoto berwarna ukuran 3x4 (3 Lembar)

Mekanisme :

1. Pemohon menuju loket informasi
2. Mengisi formulir pendaftaran
3. Pemrosesan/pemeriksaan berkas persyaratan oleh Petugas Loket dan Kepala Bidang Pengaduan, Pelaporan, dan Pengolahan Data
4. Pemrosesan oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Perizinan dan Nonperizinan Jasa Usaha
5. Pemrosesan oleh Sekretaris
6. Pemrosesan dan Penandatanganan Sertifikat Perizinan oleh Kepala Dinas
7. Pencetakan/Penerbitan Sertifikat Perizinan
8. Penyerahan Sertifikat Perizinan oleh Petugas Loket

Biaya : Rp.0,-

Waktu Penyelesaian : 7 (tujuh) hari kerja

Download Formulir TDUP Usaha Daya Tarik Wisata

Download Formulir TDUP Usaha Kawasan Pariwisata

Download Formulir TDUP Usaha Jasa Makan dan Minum

Download Formulir TDUP Usaha Rumah Bilyar

Download Formulir TDUP Usaha Penyediaan akomondasi

Download Formulir TDUP Usaha Wisata Tirta subjenis dermaga wisata

Download Formulir TDUP Usaha Rumah Pijit

Download Formulir TDUP Usaha Spa

Download Formulir TDUP Pemutakhiran

     
    1. Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP)
    2. Izin Mendirikan Rumah Sakit
    3. Izin Operasional Rumah Sakit
    4. Izin Toko Obat
    5. Izin Apotek
    6. Izin Klinik
    7. Izin Praktik Bidan
    8. Izin Praktik Apoteker
    9. Izin Kerja/Praktik Perawat
    10. Izin Praktik Penata Anastesi
    11. Izin Praktik Fisioterapis
    12. Izin Kerja Refraksionis Optisien
    13. Izin Kerja Radiografer
    14. Izin Praktik Teknik Elektromedis
    15. Izin Kerja Tenaga Sanitarian
    16. Izin Kerja/Praktik Okupasi Terapis
    17. Izin Kerja/Praktik Tenaga Gizi
    18. Izin Praktik Ahli Teknologi Laboratorium Medik
    19. Terdaftar Penyehat Tradisional
    20. Sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan
    21. Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga
    22. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
    23. Tanda Daftar Gudang (TDG)
    24. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
    25. Izin Usaha Industri (IUI)
    26. Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
    27. Izin Usaha Jasa Konstruksi Nasional (IUJKN)
    28. Izin Lokasi
    29. Izin Penggunaan Pemanfaatan Tanah (IPPT)
    30. Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
    31. Izin Pengusahaan Penangkaran Sarang Burung Walet
    32. Izin Usaha Perkebunan (IUP)
    33. Izin Usaha Perkebunan untuk Pengolahan (IUP-P)
    34. Izin Usaha Perkebunan untuk Budidaya (IUP-B)
    35. Pendaftaran Penanaman Modal
    36. Izin Usaha Penanaman Modal
    37. Izin Usaha Kawasan Industri (IUKI)
    38. Izin Usaha Pusat Perbelanjaan (IUPP)
    39. Izin Usaha Toko Modern (IUTM)
    40. Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW)
    41. Izin Pembangunan Pelabuhan Pengumpan Lokal
    42. Izin Pembangunan dan Pengoperasian Pelabuhan Sungai dan Danau
    43. Ketetapan SPPL
    44. Ketetapan UKL-UPL/DPLH
    45. Ketetapan AMDAL/DELH
    46. Ketetapan KA-ANDAL
    47. Izin Lingkungan
    48. Izin Pengendalian Pembuangan Limbah Cair
    49. Izin Penyimpanan Limbah B3 Sementara
    50. Izin Pemanfaatan Air Limbah Industri Minyak Sawit pada Tanah di Perkebunan Kelapa Sawit (Land Application)
    51. Perpanjangan Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing
    52. Izin Trayek
    53. Izin Prinsip SD dan SMP Swasta
    54. Izin Operasional SD dan SMP Swasta
    55. Izin Pendirian Lembaga Kursus/Bimbel
    56. Izin Operasional Pusat kegiatan Belajar Masyarakat
    57. Izin Pendirian dan Operasional Pendidikan Anak Usia Dini