Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan sms melalui layanan pengaduan ini. Terimakasih.
 
 
Username :
Password :
 
 

TANDA DAFTAR USAHA PARIWISATA (TDUP)

Dasar Hukum :

1. Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan;
2. Permenbudpar Nomor PM.85/HK.501/MKP/210 tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha Jasa Perjalanan Wisata;
3. Permenbudpar Nomor PM.86/HK.501/MKP/210 tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha Penyedia Akomodasi;
4. Permenbudpar Nomor PM.87/HK.501/MKP/210 tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha Jasa Makanan dan Minuman;
5. Permenbudpar Nomor PM.88/HK.501/MKP/210 tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha Jasa Kawasan Pariwisata;
6. Permenbudpar Nomor PM.89/HK.501/MKP/210 tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha Jasa Transportasi Pariwisata;
7. Permenbudpar Nomor PM.90/HK.501/MKP/210 tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha Jasa Daya Tarik Wisata;
8. Permenbudpar Nomor PM.91/HK.501/MKP/210 tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha Penyelenggaraan Kegiatan Hiburan dan Rekreasi;
9. Permenbudpar Nomor PM.92/HK.501/MKP/210 tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha Jasa Pramu Wisata;
10. Permenbudpar Nomor PM.93/HK.501/MKP/210 tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha Jasa Penyelenggara Pertemuan, Perjalanan, Insentif, Konferensi dan Pameran;
11. Permenbudpar Nomor PM.94/HK.501/MKP/210 tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha Jasa Konsultan Pariwisata;
12. Permenbudpar Nomor PM.95/HK.501/MKP/210 tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha Jasa Informasi Pariwisata;
13. Permenbudpar Nomor PM.96/HK.501/MKP/210 tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha Wisata Tirta;
14. Permenbudpar Nomor PM.97/HK.501/MKP/210 tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha SPA;
15. Perda Kab. Siak  No. 3 Tahun 2004 tentang Retribusi Izin Usaha Pariwisata
16. Perda Kab. Siak No. 13 Tahun 2012 tentang Penyelenggara Pariwisata

Persyaratan TDUP Baru :

Permohonan diatas materai Rp. 6.000,- ditujukan kepada Bupati Siak Cq. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Siak dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP Pimpinan Perusahaan
2. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
3. Fotokopi akta pendirian dalam bentuk badan hukum/badan usaha
4. Fotokopi Akta Pendirian Perusahaan dan/atau Perubahan Perusahaan dan Pengesahan dari Instansi yang Berwenang
5. Fotokopi NPWP/NPWPD perusahaan
6. Fotokopi Izin Lingkungan dan Dokumen AMDAL, UKL-UPL atau SPPL
7. Fotokopi Izin Mendirikan Bangunan
8. Fotokopi Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
9. Fotokopi Izin Gangguan (HO)
10. Fotokopi Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
11. Profil Perusahaan
12. Surat Pernyataan Keabsahan dan Kebenaran Dokumen yang ditandatangani oleh pemilik usaha di atas Materai Rp 6.000,-
13. Fotokopi Bukti Setoran Retribusi Izin Gangguan (HO) 1 Tahun Terakhir
14. Pas Foto berwarna ukuran 3x4 (3 lembar)

Persyaratan TDUP Pemutakhiran/Perubahan:

Permohonan diatas materai Rp. 6.000,- ditujukan kepada Bupati Siak Cq. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Siak dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP Pimpinan Perusahaan
2. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
3. Fotokopi akta pendirian dalam bentuk badan hukum/badan usaha
4. Fotokopi Akta Pendirian Perusahaan dan/atau Perubahan Perusahaan dan Pengesahan dari Instansi yang Berwenang
5. Fotokopi NPWP/NPWPD perusahaan
6. Surat pernyataan Keabsahan dan Kebenaran Dokumen Pemutakhiran Data yang ditandatangani oleh pemilik usaha diatas Materai Rp 6000
7. Fotokopi Dokumen Perubahan dengan membawa dokumen asli
8. Pas Foto berwarna ukuran 3x4 (3 lembar)

Mekanisme :

1. Pemohon menuju loket informasi
2. Mengisi formulir pendaftaran
3. Pemrosesan/pemeriksaan berkas persyaratan oleh Petugas Loket dan Kepala Bidang Pengaduan, Pelaporan, dan Pengolahan Data
4. Pemrosesan oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Perizinan dan Nonperizinan Jasa Usaha
5. Pemrosesan oleh Sekretaris
6. Pemrosesan dan Penandatanganan Sertifikat Perizinan oleh Kepala Dinas
7. Pencetakan/Penerbitan Sertifikat Perizinan
8. Penyerahan Sertifikat Perizinan oleh Petugas Loket

Biaya : Rp.0,-

Waktu Penyelesaian : 7 (tujuh) hari kerja

Download Formulir TDUP

Download Formulir TDUP Perubahan

     
    1. Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP)
    2. Izin Mendirikan Rumah Sakit
    3. Izin Operasional Rumah Sakit
    4. Izin Toko Obat
    5. Izin Apotek
    6. Izin Klinik
    7. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
    8. Tanda Daftar Gudang (TDG)
    9. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
    10. Tanda Daftar Industri (TDI)
    11. Izin Usaha Industri (IUI)
    12. Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
    13. Izin Gangguan (HO)
    14. Izin Usaha Jasa Konstruksi Nasional (IUJKN)
    15. Izin Lokasi
    16. Izin Penggunaan Pemanfaatan Tanah (IPPT)
    17. Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
    18. Izin Pengusahaan Penangkaran Sarang Burung Walet
    19. Izin Usaha Perkebunan (IUP)
    20. Izin Usaha Perkebunan untuk Pengolahan (IUP-P)
    21. Izin Usaha Perkebunan untuk Budidaya (IUP-B)
    22. Izin Prinsip Penanaman Modal
    23. Izin Usaha Penanaman Modal
    24. Izin Usaha Kawasan Industri (IUKI)
    25. Izin Usaha Pusat Perbelanjaan (IUPP)
    26. Izin Usaha Toko Modern (IUTM)
    27. Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW)
    28. Izin Pembangunan Pelabuhan Pengumpan Lokal
    29. Izin Pembangunan dan Pengoperasian Pelabuhan Sungai dan Danau
    30. Izin Trayek
    31. Perpanjangan IMTA
    32. Ketetapan SPPL
    33. Ketetapan UKL-UPL
    34. Ketetapan KA-ANDAL
    35. Ketetapan AMDAL
    36. Izin Lingkungan
    37. Izin Pengendalian Pembuangan Limbah Cair
    38. Izin Penyimpanan Limbah B3 Sementara
    39. Izin Pemanfaatan Air Limbah Industri Minyak Sawit pada Tanah di Perkebunan Kelapa Sawit (Land Application)