Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan sms melalui layanan pengaduan ini. Terimakasih.
 
 
Username :
Password :
 








 

SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN (SIUP)

Dasar Hukum :

1. Peraturan Menteri Perdagangan RI No.46 tahun 2009 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Perdagangan RI No 36 Tahun 2007 tentang Penerbitan surat Izin Usaha Perdagangan
2. Peraturan Menteri Perdagangan RI No.39 Tahun 2011 tentang Perubahan kedua atas Peraturan Menteri Perdagangan RI No 36 Tahun 2007 tentang Penerbitan surat Izin Usaha Perdagangan
3. Peraturan Menteri Perdagangan RI No.77 Tahun 2013 tentang Penerbitan Surat izin Usaha Perdagangan dan Tanda Daftar Perusahaan secara simultan bagi perusahaan perdagangan
4. Peraturan Menteri Perdagangan RI No 14/M-DAG/PER/3/2016 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Perdagangan No 77/M-DAG/PER/2013 tentang Penerbitan Surat izin Usaha Perdagangan dan Tanda Daftar perusahaan secara simultan bagi perusahaan perdagangan
5. Peraturan Menteri Perdagangan RI No.07/M-DAG/PER/2/2017 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Menteri Perdagangan No 36/M-DAG/PER/9/2007 tentang Penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan
6. Peraturan Daerah No 21 tahun 2002 tentang SIUP,Tanda Daftar Gudang, Tanda Daftar Perusahaan
7. Peraturan Bupati Siak No. 10 Tahun 2018 tentang Pendelegasian Wewenang Perizinan dan Nonperizinan Kepada Kepala DPMPTSP Kab. Siak
8. Peraturan Bupati Siak No.12 Tahun 20018 tentang Standar Operasional Prosedur Perizinan dan Nonperizinan Pada DPMPTSP Kab. Siak

Persyaratan Baru :

tr>
Permohonan diatas materai Rp. 6.000 ditujukan kepada Bupati Siak Cq. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Siak dengan Melampirkan :
1. Perseroan Terbatas (PT) :
a. Fotokopi KTP Penanggungjawab /direktur utama perusahaan
b. Surat Kuasa dan fotokop KTP apabila pengurusan diwakilkan
c. Fotokopi NPWP/NPWPD Perusahaan
d.Fotokopi SK Pengesahan dari Menteri Hukum & HAM (2 rangkap) dan melampirkan yang Asli
e. Fotokopi Akta Pendirian Perusahaan dan atau Perubahan (apabila ada)
f. Fotokopi Akta Perubahan Perusahaan apabila ada (khusus TDP)
g. Surat Pernyataan dari pemohon tentang lokasi usaha perusahaan
h. Bukti Pendaftaran Kepesertaan JKN / Sertifikat dan bukti Pembayaran terakhir Kepesertaan JKN
i. Sertifikat tanda bukti kepesertaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan serta bukti pembayaran iuran terakhir (Badan Usaha)
j. Pas Foto berwarna ukuran 3x4 (3 lembar)
2. Koperasi
a. Fotokopi KTP Penanggungjawab/pengurus koperasi
b. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
c. Fotokopi NPWP/NPWPD Perusahaan
d. Fotokopi Akta Notaris Pendirian koperasi yang telah mendapatkan pengesahan dari Diskoperindag Kab.Siak
e. Surat Pernyataan dari pemohon tentang lokasi usaha Koperasi
f. Bukti Pendaftaran Kepesertaan JKN / Sertifikat dan bukti Pembayaran terakhir Kepesertaan JKN
g. Sertifikat tanda bukti kepesertaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan serta bukti pembayaran iuran terakhir (Badan Usaha)
h. Pas Foto berwarna ukuran 3 x 4 (3 lembar)
3. Perusahaan yang berbentuk Persekutuan Komanditer (CV)
a. Fotokopi KTP penanggungjawab/pengurus Perusahaan
b. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
c. Fotokopi NPWP/NPWPD Perusahaan
d. Fotokopi Akta Pendirian Perusahaan dan/atau Perubahan Perusahaan dan Pengesahan dari Instansi yang berwenang
e. Surat Pernyataan dari pemohon tentang lokasi usaha Perusahaan
f. Bukti Pendaftaran Kepesertaan JKN / Sertifikat dan bukti Pembayaran terakhir Kepesertaan JKN
g. Sertifikat tanda bukti kepesertaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan serta bukti pembayaran iuran terakhir (Badan Usaha)
h. Pas Foto berwarna ukuran 3 x 4 (3 lembar)
4. Perusahaan perorangan (PO)
a. Fotokopi KTP pemilik/penanggungjawab
b. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
c. Fotokopi Akta Pendirian Perusahaan dan/atau Perubahan Perusahaan dan Pengesahan dari Instansi yang Berwenang
d. Fotokopi NPWP/NPWPD Perusahaan
e. Surat Pernyataan dari pemohon tentang lokasi usaha Perusahaan
f. Pas Foto berwarna ukuran 3 x 4 (3 lembar)
5. Pembuka Cabang/ Perwakilan Perusahaan :
a. Fotokopi KTP kepala kantor cabang / perwakilan
b. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
c. Fotokopi NPWP/NPWPD Perusahaan
d. Fotokopi Akta Notaris atau bukti lainnya tentang Pembukaan Kantor Cabang Perusahaan
e. Fotokopi Akta Pendirian Perusahaan Pusat
f. Fotokopi SIUP Kantor Pusat yang dilegalisir oleh pejabat Penerbit SIUP
g. Surat penunjukan kepala kantor cabang / perwakilan
h. Surat Pernyataan dari pemohon tentang lokasi usaha Perusahaan
i. Bukti Pendaftaran Kepesertaan JKN / Sertifikat dan bukti Pembayaran terakhir Kepesertaan JKN
j. Sertifikat tanda bukti kepesertaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan serta bukti pembayaran iuran terakhir (Badan Usaha)
k. Pas Foto berwarna ukuran 3 x 4 (2 lembar)

Persyaratan Perubahan :

Permohonan diatas materai Rp. 6.000 ditujukan kepada Bupati Siak Cq. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Siak dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP pemilik/ penanggungjawab perusahaan
2. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
3. Fotokopi Akta Pendirian Perusahaan dan/atau Perubahan Perusahaan dan Pengesahan dari Instansi yang berwenang
4. Fotokopi NPWP/NPWPD Perusahaan
5. SIUP yang Asli
6. Neraca Perusahaan (tahun terakhir khusus untuk Perseroan Terbatas)
7. Surat Pernyataan dari pemohon tentang lokasi usaha Perusahaan
8. Bukti Pendaftaran Kepesertaan JKN / Sertifikat dan bukti Pembayaran terakhir Kepesertaan JKN
9. Sertifikat tanda bukti kepesertaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan serta bukti pembayaran iuran terakhir (Badan Usaha)
10. Pas Foto berwarna ukuran 3x4 (2 lembar)

Persyaratan Penggantian untuk SIUP yang Hilang:

Permohonan diatas materai Rp. 6.000 ditujukan kepada Bupati Siak Cq. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Siak dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP pemilik/ penanggungjawab perusahaan
2. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
3. Fotokopi Akta Pendirian Perusahaan dan/atau Perubahan Perusahaan dan Pengesahan dari Instansi yang berwenang
4. Fotokopi NPWP/NPWPD Perusahaan
5. Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian
6. Fotokopi SIUP yang lama (apabila ada)
7. Surat Pernyataan dari pemohon tentang lokasi usaha Perusahaan
8. Pas Foto berwarna ukuran 3x4 (2 lembar)

Persyaratan Penggantian untuk SIUP yang Rusak :

Permohonan diatas materai Rp. 6.000 ditujukan kepada Bupati Siak Cq. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Siak dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP pemilik/ penanggungjawab perusahaan
2. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
3. Fotokopi Akta Pendirian Perusahaan dan/atau Perubahan Perusahaan dan Pengesahan dari Instansi yang berwenang
4. Fotokopi NPWP/NPWPD Perusahaan
5. SIUP yang Asli
6. Surat Pernyataan dari pemohon tentang lokasi usaha Perusahaan
7. Pas Foto berwarna ukuran 3x4 (2 lembar)

Mekanisme :

1. Pemohon menuju loket informasi
2. Mengisi formulir pendaftaran
3. Pemrosesan/pemeriksaan berkas persyaratan oleh Petugas Loket dan Kepala Bidang Pengaduan, Pelaporan, dan Pengolahan Data
4. Pemrosesan oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Perizinan dan Nonperizinan Jasa Usaha
5. Pemrosesan oleh Sekretaris
6. Pemrosesan dan Penandatanganan Sertifikat Perizinan oleh Kepala Dinas
7. Pencetakan/Penerbitan Sertifikat Perizinan
8. Penyerahan Sertifikat Perizinan oleh Petugas Loket

Biaya : Rp.0,-

Waktu Penyelesaian : 2 (dua) hari kerja

Download Formulir SIUP DAN TDP SIMULTAN

Download Formulir SIUP TANPA TDP

     
    1. Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP)
    2. Izin Mendirikan Rumah Sakit
    3. Izin Operasional Rumah Sakit
    4. Izin Toko Obat
    5. Izin Apotek
    6. Izin Klinik
    7. Izin Praktik Bidan
    8. Izin Praktik Apoteker
    9. Izin Kerja/Praktik Perawat
    10. Izin Praktik Penata Anastesi
    11. Izin Praktik Fisioterapis
    12. Izin Kerja Refraksionis Optisien
    13. Izin Kerja Radiografer
    14. Izin Praktik Teknik Elektromedis
    15. Izin Kerja Tenaga Sanitarian
    16. Izin Kerja/Praktik Okupasi Terapis
    17. Izin Kerja/Praktik Tenaga Gizi
    18. Izin Praktik Ahli Teknologi Laboratorium Medik
    19. Terdaftar Penyehat Tradisional
    20. Sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan
    21. Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga
    22. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
    23. Tanda Daftar Gudang (TDG)
    24. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
    25. Izin Usaha Industri (IUI)
    26. Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
    27. Izin Usaha Jasa Konstruksi Nasional (IUJKN)
    28. Izin Lokasi
    29. Izin Penggunaan Pemanfaatan Tanah (IPPT)
    30. Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
    31. Izin Pengusahaan Penangkaran Sarang Burung Walet
    32. Izin Usaha Perkebunan (IUP)
    33. Izin Usaha Perkebunan untuk Pengolahan (IUP-P)
    34. Izin Usaha Perkebunan untuk Budidaya (IUP-B)
    35. Pendaftaran Penanaman Modal
    36. Izin Usaha Penanaman Modal
    37. Izin Usaha Kawasan Industri (IUKI)
    38. Izin Usaha Pusat Perbelanjaan (IUPP)
    39. Izin Usaha Toko Modern (IUTM)
    40. Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW)
    41. Izin Pembangunan Pelabuhan Pengumpan Lokal
    42. Izin Pembangunan dan Pengoperasian Pelabuhan Sungai dan Danau
    43. Ketetapan SPPL
    44. Ketetapan UKL-UPL/DPLH
    45. Ketetapan AMDAL/DELH
    46. Ketetapan KA-ANDAL
    47. Izin Lingkungan
    48. Izin Pengendalian Pembuangan Limbah Cair
    49. Izin Penyimpanan Limbah B3 Sementara
    50. Izin Pemanfaatan Air Limbah Industri Minyak Sawit pada Tanah di Perkebunan Kelapa Sawit (Land Application)
    51. Perpanjangan Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing
    52. Izin Trayek
    53. Izin Prinsip SD dan SMP Swasta
    54. Izin Operasional SD dan SMP Swasta
    55. Izin Pendirian Lembaga Kursus/Bimbel
    56. Izin Operasional Pusat kegiatan Belajar Masyarakat
    57. Izin Pendirian dan Operasional Pendidikan Anak Usia Dini