Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan sms melalui layanan pengaduan ini. Terimakasih.
 
 
Username :
Password :
 
 

SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN (SIUP)

Dasar Hukum :

1. Peraturan Menteri Perdagangan RI No.46 tahun 2009 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Perdagangan RI No 36 Tahun 2007 tentang Penerbitan surat Izin Usaha Perdagangan
2. Peraturan Menteri Perdagangan RI No.39 Tahun 2011 tentang Perubahan kedua atas Peraturan Menteri Perdagangan RI No 36 Tahun 2007 tentang Penerbitan surat Izin Usaha Perdagangan
3. Peraturan Menteri Perdagangan RI No.77 Tahun 2013 tentang Penerbitan Surat izin Usaha Perdagangan dan Tanda Daftar Perusahaan secara simultan bagi perusahaan perdagangan
4. Peraturan Menteri Perdagangan RI No 14/M-DAG/PER/3/2016 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Perdagangan No 77/M-DAG/PER/2013 tentang Penerbitan Surat izin Usaha Perdagangan dan Tanda Daftar perusahaan secara simultan bagi perusahaan perdagangan
5. Peraturan Daerah No 21 tahun 2002 tentang SIUP,Tanda Daftar Gudang, Tanda Daftar Perusahaan

Persyaratan Baru :

Permohonan diatas materai Rp. 6.000 ditujukan kepada Bupati Siak Cq. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Siak dengan Melampirkan :
 
1. Perseroan Terbatas (PT) :
  a. Fotokopi KTP Penanggungjawab /direktur utama perusahaan
  b. Surat Kuasa dan fotokopy KTP apabila pengurusan diwakilkan
  c. Fotokopi Akta Pendirian Perusahaan dan atau Perubahan (apabila ada)
  d. Fotokopi SK Pengesahan dari Menteri Hukum & HAM (2 rangkap) dan melampirkan yang Asli
  e. Fotokopi NPWP/NPWPD Perusahaan
  f. Fotokopi SITU
  g. Pas Foto berwarna ukuran 3x4 (2 lembar)
   
2. Koperasi
  a. Fotokopi KTP Penanggungjawab/pengurus koperasi
  b. Surat Kuasa dan fotokopy KTP apabila pengurusan diwakilkan
  c. Fotokopi Akta Notaris Pendirian koperasi yang telah mendapatkan pengesahan dari Diskoperindag Kab.Siak
  d. Fotokopi NPWP/NPWPD Perusahaan
  e. Fotokopi SITU
  f.  Pas Foto berwarna ukuran 3 x 4 (3 lembar)
 
3. Perusahaan yang berbentuk Persekutuan Komanditer (CV)
  a. Fotokopi KTP penanggungjawab/pengurus Perusahaan
  b. Surat Kuasa dan fotocopy KTP apabila pengurusan diwakilkan
  c. Fotokopi Akta Pendirian Perusahaan dan/atau Perubahan Perusahaan dan Pengesahan dari Instansi yang berwenang
  d. Fotokopi NPWP/NPWPD Perusahaan (2 rangkap)
  e. Fotokopi SITU
f. Pas Foto berwarna ukuran 3 x 4 (3 lembar)
   
4. Perusahaan perorangan (PO) 
  a. Fotokopi KTP pemilik/penanggungjawab
  b. Surat Kuasa dan fotokopy KTP apabila pengurusan diwakilkan
  c. Fotokopi Akta Pendirian Perusahaan dan/atau Perubahan Perusahaan dan Pengesahan dari Instansi yang berwenang
  d. Fotokopi NPWP/NPWPD Perusahaan
  e. Fotokopi SITU
  f. Pas Foto berwarna ukuran 3 x 4 (3 lembar)
   
5. Pembuka Cabang/ Perwakilan Perusahaan :
  a. Fotokopi KTP kepala kantor cabang / perwakilan
  b. Surat Kuasa dan fotokopy KTP apabila pengurusan diwakilkan
  c. Fotokopi Akta Notaris atau bukti lainnya tentang Pembukaan Kantor Cabang Perusahaan
  d. Surat penunjukan kepala kantor cabang/perwakilan
  e. Fotokopi NPWP/NPWPD Perusahaan
  f.  Fotokopi SIUP Kantor Pusat yang dilegalisir oleh pejabat Penerbit SIUP
  g. Pas Foto berwarna ukuran 3 x 4 (3 lembar)

Persyaratan Perubahan :

Permohonan diatas materai Rp. 6.000 ditujukan kepada Bupati Siak Cq. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Siak dengan Melampirkan :
 
1. Fotokopi KTP kepala kantor cabang / perwakilan
2. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
3. Fotokopi Akta Pendirian Perusahaan dan/atau Perubahan Perusahaan dan Pengesahan dari Instansi yang berwenang
4. Fotokopi NPWP/NPWPD Perusahaan
5. SIUP yang Asli
6. Neraca Perusahaan (tahun terakhir khusus untuk Perseroan Terbatas)
7. Pas Foto berwarna ukuran 3x4 (2 lembar)

Mekanisme :

1. Pemohon menuju loket informasi
2. Mengisi formulir pendaftaran
3. Pemrosesan/pemeriksaan berkas persyaratan oleh Petugas Loket dan Kepala Bidang Pengaduan, Pelaporan, dan Pengolahan Data
4. Pemrosesan oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Perizinan dan Nonperizinan Jasa Usaha
5. Pemrosesan oleh Sekretaris
6. Pemrosesan dan Penandatanganan Sertifikat Perizinan oleh Kepala Dinas
7. Pencetakan/Penerbitan Sertifikat Perizinan
8. Penyerahan Sertifikat Perizinan oleh Petugas Loket

Biaya : Rp.0,-

Waktu Penyelesaian : 2 (dua) hari kerja

Download Formulir

     
    1. Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP)
    2. Izin Mendirikan Rumah Sakit
    3. Izin Operasional Rumah Sakit
    4. Izin Toko Obat
    5. Izin Apotek
    6. Izin Klinik
    7. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
    8. Tanda Daftar Gudang (TDG)
    9. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
    10. Tanda Daftar Industri (TDI)
    11. Izin Usaha Industri (IUI)
    12. Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
    13. Izin Gangguan (HO)
    14. Izin Usaha Jasa Konstruksi Nasional (IUJKN)
    15. Izin Lokasi
    16. Izin Penggunaan Pemanfaatan Tanah (IPPT)
    17. Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
    18. Izin Pengusahaan Penangkaran Sarang Burung Walet
    19. Izin Usaha Perkebunan (IUP)
    20. Izin Usaha Perkebunan untuk Pengolahan (IUP-P)
    21. Izin Usaha Perkebunan untuk Budidaya (IUP-B)
    22. Izin Prinsip Penanaman Modal
    23. Izin Usaha Penanaman Modal
    24. Izin Usaha Kawasan Industri (IUKI)
    25. Izin Usaha Pusat Perbelanjaan (IUPP)
    26. Izin Usaha Toko Modern (IUTM)
    27. Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW)
    28. Izin Pembangunan Pelabuhan Pengumpan Lokal
    29. Izin Pembangunan dan Pengoperasian Pelabuhan Sungai dan Danau
    30. Izin Trayek
    31. Perpanjangan IMTA
    32. Ketetapan SPPL
    33. Ketetapan UKL-UPL
    34. Ketetapan KA-ANDAL
    35. Ketetapan AMDAL
    36. Izin Lingkungan
    37. Izin Pengendalian Pembuangan Limbah Cair
    38. Izin Penyimpanan Limbah B3 Sementara
    39. Izin Pemanfaatan Air Limbah Industri Minyak Sawit pada Tanah di Perkebunan Kelapa Sawit (Land Application)