Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan sms melalui layanan pengaduan ini. Terimakasih.
 
 
Username :
Password :
 
 

IZIN OPERASIONAL RUMAH SAKIT

Dasar Hukum :

1. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan (Lembaran Negara tahun 2009 Nomor 144, Tambahan Lembaran Negara Nomor 2063)
2. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 56 Tahun 2014 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit

Persyaratan Baru :

Permohonan diatas materai Rp. 6.000,- ditujukan kepada Bupati Siak Cq. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Siak dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP Pimpinan Perusahaan
2. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
3. Akta Notaris, surat keputusan dari pejabat yang berwenang, dan/ atau putusan pengadilan tentang perubahan status kepemilikan RS
4. Fotokopi NPWP/NPWPD
5. Fotokopi Izin Mendirikan RS (memperlihatkan aslinya)
6. Profil Rumah Sakit
  - Visi dan Misi, Lingkup kegiatan, Rencana strategi dan Struktur Organisasi
7. Isian Instrumen Self Assessment sesuai Klasifikasi RS meliputi:
  - Pelayanan, Sumber Daya Manusia, Peralatan, Bangunan dan Prasarana (terlampir)
8. Gambar desain (blue print) dan foto bangunan serta daftar sarana dan Prasarana pendukung
9. Izin Penggunaan Bangunan (IPB) dan Sertifikat Laik Fungsi
10. Dokumen Pengelolaan Lingkungan Berkelanjutan
11. Daftar Sumber Daya Manusia terdiri dari:
  a. Tenaga Medis
  b. Penunjang Medis
  c. Tenaga Keperawatan
  d. Tenaga Kefarmasian
  e. Tenaga Manajemen RS
  f. Tenaga Non Kesehatan
12. Daftar Peralatan Medis dan Non Medis
13. Daftar Sediaan Farmasi dan Alat Kesehatan;
14. Berita Acara Hasil Uji fungsi peralatan kesehatan disertai kelengkapan berkas izin pemanfaatan dari instansi berwenang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan untuk peralatan tertentu
15. Dokumentasi administrasi dan Manajemen meliputi:
  a. Badan hukum atau kepemilikan
  b. Peraturan internal Rumah Sakit
  c. Komite Medik
  d. Komite Keperawatan
  e. Satuan Pemeriksaan Internal
  f. Surat Izin Praktek atau Surat Izin Kerja Tenaga Kesehatan
  g. Standar Prosedur operasional kredensial staf medis
  h. Surat penugasan klinis staf medis
  i. Surat keterangan / sertifikat hasil uji / kalibrasi alat kesehatan
16. Surat Rekomendasi dari Dinas Kesehaan Kabupaten Siak
17. Pas foto berwarna 3x4 (3 lembar)

Persyaratan Perubahan Kepemilikan/ Jenis RS/ Nama RS/ Kelas RS :

Permohonan diatas materai Rp. 6.000,- ditujukan kepada Bupati Siak Cq. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Siak dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP Pimpinan Perusahaan
2. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
3. Akta Notaris, surat keputusan dari pejabat yang berwenang, dan/ atau putusan pengadilan tentang perubahan status kepemilikan RS
4. Fotokopi NPWP/NPWPD
5. Rekomendasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Siak,sesuai klasifikasi RS
6. Studi kelayakan dan Rencana Strategis Perubahan jenis RS yang memuat kelayakan pada Aspek Pelayanan, Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Peraturan Perundang-undangan
7. Surat pernyataan pengajuan perubahan Izin Operasional dari Pemilik RS
8. Izin Operasional yang Lama (Asli)
9. Pas foto berwarna 3x4 (3 lembar)

Persyaratan Perpanjangan / Kenaikan Kelas :

Permohonan diatas materai Rp. 6.000,- ditujukan kepada Bupati Siak Cq. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Siak dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP Pimpinan Perusahaan
2. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
3. Akta Notaris, surat keputusan dari pejabat yang berwenang, dan/ atau putusan pengadilan tentang perubahan status kepemilikan RS
4. Fotokopi NPWP/NPWPD
5. Surat Registrasi dan Akreditasi Rumah Sakit
6. Izin Operasional yang Lama (Asli)
7. Pas foto berwarna 3x4 (3 lembar)

Mekanisme :

1. Pemohon menuju loket informasi
2. Mengisi formulir pendaftaran
3. Pemrosesan/pemeriksaan berkas persyaratan oleh Petugas Loket dan Kepala Bidang Pengaduan, Pelaporan, dan Pengolahan Data
4. Pemrosesan oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Perizinan dan Nonperizinan Jasa Usaha
5. Pemrosesan oleh Sekretaris
6. Pemrosesan dan Penandatanganan Sertifikat Perizinan oleh Kepala Dinas
7. Pencetakan/Penerbitan Sertifikat Perizinan
8. Penyerahan Sertifikat Perizinan oleh Petugas Loket

Biaya : Rp.0,-

Waktu Penyelesaian : 14 (empat belas) hari kerja

Download Formulir Operasional RS

Download Formulir Perpanjangan Operasional RS

Download Formulir Perubahan Operasional RS

     
    1. Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP)
    2. Izin Mendirikan Rumah Sakit
    3. Izin Operasional Rumah Sakit
    4. Izin Toko Obat
    5. Izin Apotek
    6. Izin Klinik
    7. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
    8. Tanda Daftar Gudang (TDG)
    9. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
    10. Tanda Daftar Industri (TDI)
    11. Izin Usaha Industri (IUI)
    12. Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
    13. Izin Gangguan (HO)
    14. Izin Usaha Jasa Konstruksi Nasional (IUJKN)
    15. Izin Lokasi
    16. Izin Penggunaan Pemanfaatan Tanah (IPPT)
    17. Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
    18. Izin Pengusahaan Penangkaran Sarang Burung Walet
    19. Izin Usaha Perkebunan (IUP)
    20. Izin Usaha Perkebunan untuk Pengolahan (IUP-P)
    21. Izin Usaha Perkebunan untuk Budidaya (IUP-B)
    22. Izin Prinsip Penanaman Modal
    23. Izin Usaha Penanaman Modal
    24. Izin Usaha Kawasan Industri (IUKI)
    25. Izin Usaha Pusat Perbelanjaan (IUPP)
    26. Izin Usaha Toko Modern (IUTM)
    27. Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW)
    28. Izin Pembangunan Pelabuhan Pengumpan Lokal
    29. Izin Pembangunan dan Pengoperasian Pelabuhan Sungai dan Danau
    30. Izin Trayek
    31. Perpanjangan IMTA
    32. Ketetapan SPPL
    33. Ketetapan UKL-UPL
    34. Ketetapan KA-ANDAL
    35. Ketetapan AMDAL
    36. Izin Lingkungan
    37. Izin Pengendalian Pembuangan Limbah Cair
    38. Izin Penyimpanan Limbah B3 Sementara
    39. Izin Pemanfaatan Air Limbah Industri Minyak Sawit pada Tanah di Perkebunan Kelapa Sawit (Land Application)