Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan sms melalui layanan pengaduan ini. Terimakasih.
 
 
Username :
Password :
 








 
 

IZIN PENDIRIAN DAN OPERASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Dasar Hukum :

1. Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2. Undang-Undang No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah
3. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Usia Dini
4. Peraturan Pemerintah No.48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan
5. Peraturan Pemerintah No.74 tahun 2008 tentang Guru
6. Peraturan Pemerintah No.17 Tahun 2010 tentang pengelolaan Pendidikan
7. Permendagri No.52 Tahun 2011 tentang Standar Operasional Prosedur di Lingkungan Pemerintah Propinsi dan Kabupaten
8. Permendikbud No.23 Tahun 2013 tentang Perubahan Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar
9. Permendikbud Nomor 36 Tahun 2014 tentang Pedoman Pendirian,Perubahan,dan Penutupan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
10. Permendikbud No. 28 tahun 2016 tentang Layanan Sistem Penjamianan Mutu Pendidikan
11. Permendikbud No.17 tahun 2017 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-kanak,Sekolah Dasar,Sekolah Menengah Pertama,Sekolah Menengah Atas,Sekolah Menengah kejuruan,atau bentuk lain sederajat.
12. Peraturan Bupati Siak No. 10 Tahun 2018 tentang Pendelegasian Wewenang Perizinan dan Nonperizinan Kepada Kepala DPMPTSP Kab. Siak
13. Peraturan Bupati Siak No.12 Tahun 2018 tentang Standar Operasional Prosedur Perizinan dan Nonperizinan Pada DPMPTSP Kab. Siak

Persyaratan Baru (Izin Prinsip):

Permohonan diatas materai Rp.6.000 ditujukan kepada Bupati Siak Cq. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Siak dengan Melampirkan :
1. Proposal Pendirian Sekolah dari Yayasan (narasi berupa pertimbangan latar belakang serta kajian dasar pendirian sekolah baru)
2. Fotokopi KTP Pimpinan/Pengelola Yayasan
3. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
4. Fotokopi NPWP/NPWPD
5. Fotokopi Akta Pendirian Yayasan/akta notaris yayasan
6. Fotokopi Sertifikat Tanah (SHM tanah atas nama Yayasan) (jika ada)
7. Fotokopi Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
8. Rekomendasi dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
9. Susunan/Struktur Organisasi Yayasan
10. Denah Gedung Sekolah
11. Struktur Organisasi Sekolah
12. Program Kerja Sekolah
13. Surat Pernyataan Kesanggupan Melaksanakan Kurikulum
14. Surat Keputusan Yayasan Tentang Pengangkatan Kepala Sekolah
15. Daftar Riwayat Hidup Kepala Sekolah
16. Daftar Nama Guru Pendidik dan Tenaga Pendidikan (GTK) dan SK pembagian tugas
17. Daftar Nama Peserta Didik Terbaru/Tahun Pelajaran Berlangsung
18. Jadwal Mata Pelajaran
19. Tata Tertib Guru dan Siswa
20. Daftar Inventaris Sekolah (daftar sarana dan prasarana)
21. Bukti Pendaftaran Kepesertaan JKN / Sertifikat dan bukti Pembayaran terakhir Kepesertaan JKN
22. Sertifikat tanda bukti kepesertaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan serta bukti pembayaran iuran terakhir (Badan Usaha)
23. Pas foto Berwarna Ukuran 3x4 (3 Lembar)

Persyaratan Surat Izin Operasional (SIO):

Permohonan diatas materai Rp. 6.000 ditujukan kepada Bupati Siak Cq. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Siak dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP Pimpinan/Pengelola Yayasan
2. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
3. Fotokopi NPWP/NPWPD
4. Fotokopi Akta Notaris Yayasan
5. Surat keterangan Domisili Sekolah dan Kepala Desa/Lurah
6. Fotokopi Surat Tanah/Akta Tanah (surat izin peminjaman gedung)
7. Rekomendasi dari Camat
8. Fotokopi Legalisir Izin Prinsip
9. Rekomendasi dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
10. Daftar riwayat hidup Pimpinan /Pengelola Yayasan
11. Struktur Organisasi Yayasan dan Struktur Organisasi Sekolah
12. Fotokopi Ijazah terakhir Kepala sekolah dan Nama Guru Pendidik dan Tenaga Kependidikan (GTK)
13. Daftar Nama Guru Pendidik dan Tenaga Kependidikan (GTK) dan Rincian tugas (SK pembagian tugas)
14. Bukti Pendaftaran Kepesertaan JKN / Sertifikat dan bukti Pembayaran terakhir Kepesertaan JKN
15. Sertifikat tanda bukti kepesertaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan serta bukti pembayaran iuran terakhir (Badan Usaha)
16. Pas foto Berwarna Ukuran 3x4 (3 Lembar)

Persyaratan Perpanjangan Surat Izin Operasional (SIO):

Permohonan diatas materai Rp. 6.000 ditujukan kepada Bupati Siak Cq. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Siak dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP Pimpinan/Pengelola Yayasan
2. Surat Kuasa dan Fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
3. Fotokopi NPWP/NPWPD
4. Fotokopi Akta Notaris
5. Surat Izin Operasional (SIO) yang Asli
6. Instrumen monitoring/evaluasi tahun terakhir dari Tim verifikasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Siak
7. Rekomendasi Surat Perpanjangan SIO dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
8. Bukti Pendaftaran Kepesertaan JKN / Sertifikat dan bukti Pembayaran terakhir Kepesertaan JKN
9. Sertifikat tanda bukti kepesertaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan serta bukti pembayaran iuran terakhir (Badan Usaha)
10. Pas foto Berwarna Ukuran 3x4 (3 Lembar)

Persyaratan Perubahan SIO (Akibat Perubahan Nomenklatur Sekolah dan Perubahan Alamat Sekolah):

Permohonan diatas materai Rp. 6.000 ditujukan kepada Bupati Siak Cq. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Siak dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP Pimpinan / Pengelola Yayasan
2. Surat Kuasa dan Fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
3. Fotokopi NPWP/NPWPD
4. Fotokopi Akta Notaris
5. Surat Izin Operasional (SIO) yang Asli
6. Rekomendasi dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
7. Surat Keterangan Domisili baru dari Desa /Lurah (untuk perubahan SIO akibat perpindahan alamat)
8. SK Pengelola / Yayasan (untuk perubahan SIO akibat berubah nomenklatur sekolah)
9. Bukti Pendaftaran Kepesertaan JKN / Sertifikat dan bukti Pembayaran terakhir Kepesertaan JKN
10. Sertifikat tanda bukti kepesertaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan serta bukti pembayaran iuran terakhir (Badan Usaha)
11. Pas foto Berwarna Ukuran 3x4 (3 Lembar)

Mekanisme :

1. Pemohon menuju loket informasi
2. Mengisi formulir pendaftaran
3. Pemrosesan/pemeriksaan berkas persyaratan oleh Petugas Loket dan Kepala Bidang Pengaduan, Pelaporan, dan Pengolahan Data
4. Pemrosesan oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Perizinan dan Nonperizinan Jasa Usaha
5. Pemrosesan oleh Sekretaris
6. Pemrosesan dan Penandatanganan Sertifikat Perizinan oleh Kepala Dinas
7. Pencetakan/Penerbitan Sertifikat Perizinan
8. Penyerahan Sertifikat Perizinan oleh Petugas Loket

Biaya : Rp.0,-

Waktu Penyelesaian : 5 (lima) hari kerja

Download Formulir Izin Pendirian Paud

Download Formulir Izin Operasional Paud

Download Formulir Perpanjangan Izin Operasional Paud

Download Formulir Perubahan Izin Operasional Paud

     
    1. Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP)
    2. Izin Mendirikan Rumah Sakit
    3. Izin Operasional Rumah Sakit
    4. Izin Toko Obat
    5. Izin Apotek
    6. Izin Operasional Klinik
    7. Surat Izin Praktik Bidan (SIPB)
    8. Surat Izin Praktik Apoteker (SIPA)
    9. Surat Izin Kerja/Praktik Perawat (SIKP/SIPP)
    10. Surat Izin Praktik Penata Anastesi (SIPPA)
    11. Surat Izin Kerja/Praktik Fisioterapis (SIKF/SIPF)
    12. Surat Izin Kerja Refraksionis Optisien (SIKRO)
    13. Surat Izin Kerja Radiografer (SIKR)
    14. Surat Izin Praktik Elektromedis (SIP-E)
    15. Surat Izin Kerja Tenaga Sanitarian (SIKTS)
    16. Surat Izin Kerja/Praktik Okupasi Terapis (SIKOT/SIPOT)
    17. Surat Izin Kerja/Praktik Tenaga Gizi(SIKTGz/SIPTGz)
    18. Surat Izin Praktik Ahli Teknologi Laboratorium Medik (SIP-ATLM)
    19. Surat Izin Praktik Terapis Gigi dan Mulut (SIPTGM)
    20. Surat Izin Praktik Tenaga Teknis Kefarmasian (SIPTTK)
    21. Surat Izin Tukang Gigi
    22. Surat Izin Kerja/Praktik Terapi Wicara (SIKTW/SIPTW)
    23. Surat Izin Kerja Teknisi Gigi (SIKTG)
    24. Surat Terdaftar Penyehat Tradisional(STPT)
    25. Sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan
    26. Sertifikat Laik Sehat Hotel
    27. Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Depot Air Minum Isi Ulang
    28. Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Jasa Boga
    29. Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Rumah Makan dan Restoran
    30. SIUP/IUTS/IUPP
    31. Tanda Daftar Gudang (TDG)
    32. Nomor Induk Berusaha (NIB)/Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
    33. Izin Usaha Industri (IUI)
    34. Surat Izin Tempat Usaha (SITU) >150 M2
    35. Izin Usaha Jasa Konstruksi Nasional (IUJKN)
    36. Izin Lokasi
    37. Izin Penggunaan Pemanfaatan Tanah (IPPT)
    38. Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
    39. Izin Pengusahaan Penangkaran Sarang Burung Walet
    40. Izin Usaha Kawasan Industri (IUKI)
    41. Izin Perluasan Usaha Industri
    42. Izin Perluasan Kawasan Industri
    43. Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW)
    44. Izin Penyelenggaraan Pelabuhan Sungai dan Danau
    45. Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan (SPPL)
    46. Ketetapan UKL-UPL/DPLH
    47. Ketetapan AMDAL/DELH
    48. Ketetapan KA-ANDAL
    49. Izin Lingkungan
    50. Izin Pembuangan Air Limbah
    51. Izin Penyimpanan Sementara Limbah B3
    52. Perpanjangan Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing
    53. Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang
    54. Izin Pendirian Program atau Satuan Pendidikan
    55. Izin Pendirian Satuan Pendidikan Nonformal
    56. Sertifikat Laik Fungsi (SLF)
    57. Izin Usaha Obat Hewan
    58. Izin Usaha Tanaman Pangan
    59. Pendaftaran Usaha Perkebunan
    60. Pendaftaran Usaha Tanaman Pangan
    61. Surat Izin Usaha Perikanan
    62. Izin Usaha Kecil dan Mikro Obat Tradisional
    63. Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT)
    64. Izin Perusahaan Rumah Tangga Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga
    65. Izin Usaha Perkebunan
    66. Izin Toko Alat Kesehatan
    67. Izin Operasional Laboratorium Klinik Umum dan Khusus
    68. Izin Penyelenggaraan Pengendalian Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit
    69. Izin Usaha Pembangunan dan Pengusahaan Properti
    70. Izin Usaha Bidang Perumahan