Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan sms melalui layanan pengaduan ini. Terimakasih.
 
 
Username :
Password :
 
 

IZIN OPERASIONAL SD DAN SMP SWASTA

Dasar Hukum :

1. Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2. Undang-Undang No.14 Tahun 2004 tentang Guru dan Dosen
3. Undang-Undang No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah
4. Permendagri No.52 Tahun 2011 tentang Standar Operasional Prosedur di Lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten
5. Permendikbud No.23 Tahun 2013 tentang Perubahan Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar
6. Permendikbud No.36 Tahun 2014 tentang Pedoman Pendirian,Perubahan dan Penutupan Satuan pendidikan Dasar dan Menengah
7. Permendikbud No.28 Tahun 2016 tentang Layanan sistem Penjamianan Mutu Pendidikan
8. Permendikbud No.17 tahun 2017 tentang Penerimaan Peserta didik Baru pada TK,SD,SMP,SMA,SMK,atau bentuk lain sederajat
9. Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
10. Peraturan Pemerintah No.47 Tahun 2008 tentang Wajib belajar
11. Peraturan Pemerintah No.48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan
12. Peraturan Pemerintah No.74 Tahun 2008 tentang Guru
13. Peraturan Pemerintah No.17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Pendidikan
14. Peraturan Bupati Siak No. 10 Tahun 2018 tentang Pendelegasian Wewenang Perizinan dan Nonperizinan Kepada Kepala DPMPTSP Kab. Siak
15. Peraturan Bupati Siak No.12 Tahun 2018 tentang Standar Operasional Prosedur Perizinan dan Nonperizinan Pada DPMPTSP Kab. Siak

Persyaratan Baru :

Permohonan diatas materai Rp.6.000 ditujukan kepada Bupati Siak Cq. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Siak dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP Pimpinan/Pengelola Yayasan
2. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
3. Fotokopi NPWP/NPWPD Yayasan
4. Fotokopi Akta Notaris
5. Fotokopi legalisir Izin Prinsip
6. Rekomendasi dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
7. Foto Plang Nama Sekolah
8. Struktur Organisasi Yayasan dan Struktur Organisasi Sekolah
9. Program Kerja Sekolah
10. Surat Pernyataan kesanggupan untuk melaksanakan kurikulum
11. SK Pengangkatan Kepala Sekolah dari Yayasan
12. Daftar Riwayat Hidup Kepala Sekolah
13. Fotokopi Ijazah terakhir Kepala sekolah dan Nama Guru Pendidik dan Tenaga Kependidikan (GTK)
14. Daftar Nama Guru Pendidik dan Tenaga Kependidikan (GTK) dan SK pembagian tugas
15. Daftar nama peserta didik setiap jenjang dan rombel
16. Jadwal Mata Pelajaran
17. Bukti Pendaftaran Kepesertaan JKN / Sertifikat dan bukti Pembayaran terakhir Kepesertaan JKN
18. Sertifikat tanda bukti kepesertaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan serta bukti pembayaran iuran terakhir (Badan Usaha)
19. Pas foto Berwarna Ukuran 3X4 (3 Lembar)

Persyaratan Perpanjangan :

Permohonan diatas materai Rp. 6.000 ditujukan kepada Bupati Siak Cq. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Siak dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP Pimpinan/Pengelola Yayasan
2. Surat Kuasa dan Fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
3. Fotokopi NPWP/NPWPD
4. Fotokopi Akta Notaris
5. Surat Izin Operasional (SIO) yang Asli
6. Instrumen monitoring/evaluasi tahun terakhir dari tim verifikasi Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kab.Siak
7. Rekomendasi Surat Perpanjangan SIO dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
8. Bukti Pendaftaran Kepesertaan JKN / Sertifikat dan bukti Pembayaran terakhir Kepesertaan JKN
9. Sertifikat tanda bukti kepesertaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan serta bukti pembayaran iuran terakhir (Badan Usaha)
10. Pas foto Berwarna Ukuran 3x4 (3 Lembar)

Persyaratan Perubahan SIO (akibat perubahan nomenklatur sekolah dan perubahan alamat sekolah) :

Permohonan diatas materai Rp. 6.000 ditujukan kepada Bupati Siak Cq. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Siak dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP Pimpinan / Pengelola Yayasan
2. Surat Kuasa dan Fotokopi KTP apabila Pengurusan diwakilkan
3. Fotokopi NPWP/NPWPD
4. Fotokopi Akta Notaris
5. Surat Izin Operasional (SIO) yang Asli
6. Rekomendasi dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
7. Surat Keterangan Domisili baru dari Desa /Lurah (untuk perubahan SIO akibat perpindahan alamat)
8. SK Pengelola / Yayasan (untuk perubahan SIO akibat berubah nomenklatur sekolah)
9. Bukti Pendaftaran Kepesertaan JKN / Sertifikat dan bukti Pembayaran terakhir Kepesertaan JKN
10. Sertifikat tanda bukti kepesertaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan serta bukti pembayaran iuran terakhir (Badan Usaha)
11. Pas foto Berwarna Ukuran 3x4 (3 Lembar)

Mekanisme :

1. Pemohon menuju loket informasi
2. Mengisi formulir pendaftaran
3. Pemrosesan/pemeriksaan berkas persyaratan oleh Petugas Loket dan Kepala Bidang Pengaduan, Pelaporan, dan Pengolahan Data
4. Pemrosesan oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Perizinan dan Nonperizinan Jasa Usaha
5. Pemrosesan oleh Sekretaris
6. Pemrosesan dan Penandatanganan Sertifikat Perizinan oleh Kepala Dinas
7. Pencetakan/Penerbitan Sertifikat Perizinan
8. Penyerahan Sertifikat Perizinan oleh Petugas Loket

Biaya : Rp.0,-

Waktu Penyelesaian : 5 (lima) hari kerja

Download Formulir Izin Operasional SD dan SMP Swasta

Download Formulir Perpanjangan Izin Operasional SD dan SMP Swasta

Download Formulir Perubahan Izin Operasional SD dan SMP Swasta

     
    1. Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP)
    2. Izin Mendirikan Rumah Sakit
    3. Izin Operasional Rumah Sakit
    4. Izin Toko Obat
    5. Izin Apotek
    6. Izin Klinik
    7. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
    8. Tanda Daftar Gudang (TDG)
    9. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
    10. Tanda Daftar Industri (TDI)
    11. Izin Usaha Industri (IUI)
    12. Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
    13. Izin Usaha Jasa Konstruksi Nasional (IUJKN)
    14. Izin Lokasi
    15. Izin Penggunaan Pemanfaatan Tanah (IPPT)
    16. Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
    17. Izin Pengusahaan Penangkaran Sarang Burung Walet
    18. Izin Usaha Perkebunan (IUP)
    19. Izin Usaha Perkebunan untuk Pengolahan (IUP-P)
    20. Izin Usaha Perkebunan untuk Budidaya (IUP-B)
    21. Izin Prinsip Penanaman Modal
    22. Izin Usaha Penanaman Modal
    23. Izin Usaha Kawasan Industri (IUKI)
    24. Izin Usaha Pusat Perbelanjaan (IUPP)
    25. Izin Usaha Toko Modern (IUTM)
    26. Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW)
    27. Izin Pembangunan Pelabuhan Pengumpan Lokal
    28. Izin Pembangunan dan Pengoperasian Pelabuhan Sungai dan Danau
    29. Izin Trayek
    30. Perpanjangan IMTA
    31. Ketetapan SPPL
    32. Ketetapan UKL-UPL
    33. Ketetapan KA-ANDAL
    34. Ketetapan AMDAL
    35. Izin Lingkungan
    36. Izin Pengendalian Pembuangan Limbah Cair
    37. Izin Penyimpanan Limbah B3 Sementara
    38. Izin Pemanfaatan Air Limbah Industri Minyak Sawit pada Tanah di Perkebunan Kelapa Sawit (Land Application)
    39. Izin Prinsip SD dan SMP Swasta
    40. Izin Operasional SD dan SMP Swasta
    41. Izin Pendirian Lembaga Kursus/Bimbel
    42. Izin Operasional Pusat kegiatan Belajar Masyarakat
    43. Izin Pendirian dan Operasional Pendidikan Anak Usia Dini