Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan sms melalui layanan pengaduan ini. Terimakasih.
 
 
Username :
Password :
 








 
 

IZIN PENYELENGGARAAN ANGKUTAN ORANG

Dasar Hukum :

1. UU RI No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan
2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 tahun 2014 tentang Angkutan Jalan
3. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 88 Tahun 2018 tentang Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Serta Perhubungan di Bidang Darat
4. Keputusan Menteri Perhubungan Nomor : KM.35 Tahun 2003 tantang Penyelenggaraan Angkutan orang dijalan dengan Kendaraan Umum
5. Peraturaan Daerah Kab. Siak Nomor 16 Tahun 2011 tentang Retribusi izin Trayek
6. Peraturan Bupati Siak No. 116 Tahun 2019 tentang Pendelegasian Wewenang Perizinan dan Nonperizinan Kepada Kepala Dinas Penanamana Modal dan Pelayaan Satu Pintu Kabupaten Siak
7. Keputusan Bupati Siak Nomor 269 /HK/KPTS/2019 tentang Penetapan Standar Operasional Prosedur Pada Dinas Penanamana Modal dan Pelayaan Satu Pintu Kabupaten Siak

Persyaratan Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang Dalam Trayek :

Permohonan diatas Materai Rp. 6.000,- dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP Pemohon
2. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
3. Fotokopi NPWP
4. Fotokopi NIB (Nomor Induk Berusaha)
5. Surat keterangan domisili dikeluarkan oleh pejabat berwenang
6. Surat pernyataan kesanggupan untuk memenuhi seluruh kewajiban sebagai pemegang Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum dalam Trayek yang ditandatangani pimpinan perusahaan
7. Surat pernyataan kesanggupan memiliki dan /atau bekerjasama dengan pihak lain yang mampu menyediakan fasilitas pemeliharaan kendaraan bermotor yang ditanda tangani pimpinan perusahaan dan disertai materai Rp 6.000,-
8. Surat Perjanjian antara pemilik kendaraan atau anggota koperasi dengan perusahan angkutan umum yang berbentuk badan hukum koperasi
9. Surat Persetujuan Penyelenggaraan Angkutan Orang Dalam Trayek
10. Surat Rekomendasi dari Dinas Perhubungan Kabupaten Siak
11. Fotokopi STNK
12. Fotokopi Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) untuk kendaraan baru
13. Fotokopi Bukti Lulus Uji Berkala ( untuk kendaraan bukan baru )
14. Foto kendaraan yang akan diberi izin
15. Pas Foto 3 x 4 berwarna

Persyaratan Pembaruan Masa Berlaku Izin :

Permohonan diatas Materai Rp. 6.000,- dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP Pemohon
2. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
3. Fotokopi NPWP
4. Fotokopi Surat Keputusan Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang Dalam Trayek
5. Fotokopi STNK yang masih Berlaku
6. Fotokopi Bukti Lulus Uji Berkala yang masih berlaku
7. Laporan Pelayanan Angkutan Orang Dalam Trayek
8. Dokumen Sistem Manajemen Keselamatan
9. Pas Foto berwarna ukuran 3x4

Persyaratan Pembaruan Masa Berlaku Kartu Pengawasan :

Permohonan diatas Materai Rp. 6.000,- dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP Pemohon
2. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
3. Fotokopi NPWP
4. Fotokopi Surat Keputusan Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang Dalam trayek
5. Fotokopi STNK yang masih Berlaku
6. Fotokopi Bukti Lulus Uji Berkala yang masih berlaku
7. Pas Foto berwarna ukuran 3x4

Persyaratan Penambahan Kendaraan :

Permohonan diatas Materai Rp. 6.000,-dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP Pemohon
2. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
3. Fotokopi NPWP
4. Fotokopi Surat Keputusan Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang Dalam trayek
5. Laporan Pelayanan Angkutan Orang Dalam Trayek
6. Surat Persetujuan Penambahan Kendaraan Angkutan Orang Dalam Trayek
7. Surat Rekomendasi dari Dinas Perhubungan Kabupaten Siak
8. Fotokopi STNK
9. Fotokopi Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) untuk kendaraan baru
10. Fotokopi Bukti Lulus Uji Berkala (untuk kendaraan bukan baru)
11. Foto kendaraan yang akan diberi izin
12. Pas Foto 3 x 4 berwarna

Persyaratan Penggatian Dokumen Perizinan yang Hilang dan Rusak :

Permohonan diatas Materai Rp. 6.000,- dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP Pemohon
2. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
3. Fotokopi NPWP
4. Fotokopi Surat Keputusan Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang Dalam trayek
5. Surat dari Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk dokumen yang hilang dan bukti pengumuman terhadap dokumen yang hilang dimedia masa
6. Lampiran Bukti Dokumen yang rusak
7. Pas Foto 3 x 4 berwarna

Persyaratan Perubahan Identitas Perusahaan :

Permohonan diatas Materai Rp. 6.000,- dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP Pemohon
2. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
3. Fotokopi NPWP
4. Akta perubahan badan Hukum yang telah mendapat pengesahan dari Menteri Hukum dan HAM
5. Fotokopi Surat Keputusan Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang Dalam trayek
6. Surat keterangan domisili dikeluarkan oleh pejabat berwenang
7. Surat pernyataan kesanggupan memenuhi kewajiban sebagai pemegang Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang Dalam Trayek
8. Fotokopi STNK
9. Fotokopi bukti lulus uji yang masih berlaku
10. Foto kendaraan yang akan diberi izin
11. Pas Foto 3 x 4 berwarna

Persyaratan Penggatian / Peremajaan Kendaraan :

Permohonan diatas Materai Rp. 6.000,-dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP Pemohon
2. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
3. Fotokopi NPWP
4. Fotokopi Surat Keputusan Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang Dalam trayek
5. Fotokopi STNK yang masih berlaku
6. Fotokopi bukti lulus uji yang masih berlaku (untuk kendaraan bukan Baru)
7. Fotokopi Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) untuk kendaraan baru
8. Kartu Pengawasan kendaraan yang diganti
9. Foto kendaraan yang akan diberi izin
10. Pas Foto 3 x 4 berwarna

Persyaratan Pembukaan Cabang Perusahaan :

Permohonan diatas Materai Rp. 6.000,-dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP Pemohon
2. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
3. Fotokopi NPWP
4. Akta pendirian dan atau perubahan terakhir
5. Bukti pengesahan sebagai Badan Hukum dari Kemenkum Ham
6. Surat keterangan domisili yang di keluarkan oleh pejabat berwenang
7. Surat pernyataan kesanggupan untuk memenuhi seluruh kewajiban sebagai pemegang Keputusan Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang Dalam Trayek dengan kendaraan bermotor umur dalam trayek yang ditandatangani pimpinan perusahaan disertai materai Rp. 6000,-
8. Surat pernyataan kesanggupan memiliki dan atau bekerja sama dengan pihak lain yang mampu menyediakan fasilitas pemeliharaan kendaraan bermotor yang ditandatangani pimpinan perusahaan disertai materai Rp. 6000,-
9. Surat perjanjian antara pemilik kendaraan atau anggota koperasi dengan Perusahaan Angkutan Umum yang berbentuk badan hukum koperasi
10. Surat keterangan dari Pemerintah Setempat yang menyatakan luas tempat penyimpanan kendaraan sesuai dengan jumlah kendaraan yang dimiliki
11. Dokumen Rencana Bisnis (business plan) perusahaan Angkutan Umum
12. Pas Foto 3 x 4 berwarna

Persyaratan Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang Tidak Dalam Trayek :

Permohonan diatas Materai Rp. 6.000,- dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP Pemohon
2. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
3. Fotokopi NPWP
4. Fotokopi NIB (Nomor Induk Berusaha)
5. Surat pernyataan kesanggupan memiliki dan /atau bekerjasama dengan pihak lain yang mampu menyediakan fasilitas pemeliharaan kendaraan bermotor yang ditanda tangani pimpinan perusahaan dan disertai materai Rp 6.000,-
6. Surat Perjanjian antara pemilik kendaraan atau anggota koperasi dengan perusahan angkutan umum yang berbentuk badan hukum koperasi
7. Surat persetujuan penyelenggaraan angkutan orang tidak dalam trayek
8. Surat Rekomendasi dari Dinas Perhubungan Kabupaten Siak
9. Fotokopi STNK
10. Fotokopi Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) untuk kendaraan baru
11. Fotokopi bukti lulus uji berkala ( untuk kendaraan bukan baru )
12. Foto kendaraan yang akan diberi izin
13. Pas Foto 3 x 4 berwarna

Persyaratan Pembaruan Masa Berlaku Izin :

Permohonan diatas Materai Rp. 6.000,-dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP Pemohon
2. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
3. Fotokopi NPWP
4. Fotokopi Surat Keputusan Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang Tidak Dalam Trayek
5. Fotokopi STNK yang masih Berlaku
6. Fotokopi Bukti Lulus Uji Berkala yang masih berlaku
7. Laporan Pelayanan Angkutan Orang Tidak Dalam Trayek
8. Dokumen Sistem Manajemen Keselamatan
9. Pas Foto berwarna ukuran 3x4

Persyaratan Pembaruan Masa Berlaku Kartu Pengawasan :

Permohonan diatas Materai Rp. 6.000,- dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP Pemohon
2. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
3. Fotokopi NPWP
4. Fotokopi Surat Keputusan Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang Tidak Dalam trayek
5. Fotokopi STNK yang masih Berlaku
6. Fotokopi Bukti Lulus Uji Berkala yang masih berlaku
7. Foto Kendaraan yang akan diberi izin
8. Pas Foto berwarna ukuran 3x4

Persyaratan Penambahan Kendaraan :

Permohonan diatas Materai Rp. 6.000,- dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP Pemohon
2. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
3. Fotokopi NPWP
4. Fotokopi Surat Keputusan Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang Tidak Dalam trayek
5. Laporan Pelayanan Angkutan Orang Tidak Dalam Trayek
6. Surat Persetujuan Penambahan Kendaraan Angkutan Orang Tidak Dalam Trayek
7. Surat Rekomendasi dari Dinas Perhubungan Kabupaten Siak
8. Fotokopi STNK
9. Fotokopi Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) untuk kendaraan baru
10. Fotokopi Bukti Lulus Uji Berkala (untuk kendaraan bukan baru)
11. Foto kendaraan yang akan diberi izin
12. Pas Foto 3 x 4 berwarna

Persyaratan Penggatian Dokumen Perizinan yang Hilang dan Rusak :

Permohonan diatas Materai Rp. 6.000,- dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP Pemohon
2. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
3. Fotokopi NPWP
4. Fotokopi Surat Keputusan Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang Tidak Dalam trayek
5. Surat dari Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk dokumen yang hilang dan bukti pengumuman terhadap dokumen yang hilang dimedia masa
6. Lampiran Bukti Dokumen yang rusak
7. Pas Foto 3 x 4 berwarna

Persyaratan Perubahan Identitas Perusahaan :

Permohonan diatas Materai Rp. 6.000,- dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP Pemohon
2. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
3. Fotokopi NPWP
4. Akta perubahan badan Hukum yang telah mendapat pengesahan dari Menteri Hukum dan HAM
5. Fotokopi Surat Keputusan Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang Tidak Dalam trayek
6. Surat keterangan domisili dikeluarkan oleh pejabat berwenang
7. Surat pernyataan kesanggupan memenuhi kewajiban sebagai pemegang Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang Tidak Dalam Trayek
8. Fotokopi STNK
9. Fotokopi bukti lulus uji yang masih berlaku
10. Foto kendaraan yang akan diberi izin
11. Pas Foto 3 x 4 berwarna

Persyaratan Penggatian / Peremajaan Kendaraan :

Permohonan diatas Materai Rp. 6.000,- dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP Pemohon
2. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
3. Fotokopi NPWP
4. Fotokopi Surat Keputusan Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang Tidak Dalam trayek
5. Fotokopi STNK yang masih berlaku
6. Fotokopi bukti lulus uji yang masih berlaku (untuk kendaraan bukan Baru)
7. Fotokopi Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) untuk kendaraan baru
8. Kartu Pengawasan kendaraan yang diganti
9. Foto kendaraan yang akan diberi izin
10. Pas Foto 3 x 4 berwarna

Persyaratan Pembukaan Cabang Perusahaan :

Permohonan diatas Materai Rp. 6.000,- dengan Melampirkan :
1. Fotokopi KTP Pemohon
2. Surat Kuasa dan fotokopi KTP apabila pengurusan diwakilkan
3. Fotokopi NPWP
4. Akta pendirian dan atau perubahan terakhir
5. Bukti pengesahan sebagai Badan Hukum dari Kemenkum Ham
6. Surat keterangan domisili yang di keluarkan oleh pejabat berwenang
7. Surat pernyataan kesanggupan untuk memenuhi seluruh kewajiban sebagai pemegang Keputusan Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang Tidak Dalam Trayek dengan kendaraan bermotor umur dalam trayek yang ditandatangani pimpinan perusahaan disertai materai Rp. 6000,-
8. Surat perjanjian antara pemilik kendaraan atau anggota koperasi dengan Perusahaan Angkutan Umum yang berbentuk badan hukum koperasi
9. Surat Persetujuan Penyelenggaraan Angkutan Orang Tidak Dalam Trayek
10. Surat Rekomendasi dari Dinas Perhubungan Kabupaten Siak
11. Fotokopi STNK
12. Fotokopi Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) untuk kendaraan baru
13. Fotokopi Bukti Lulus Uji Berkala (untuk kendaraan bukan baru)
14. Foto kendaraan yang akan diberi izin
15. Pas Foto 3 x 4 berwarna

Mekanisme :

1. Pemohon menuju loket informasi
2. Mengisi formulir pendaftaran
3. Pemrosesan/pemeriksaan berkas persyaratan oleh Petugas Loket dan Kepala Bidang Pengaduan, Pelaporan, dan Pengolahan Data
4. Pemrosesan oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Perizinan dan Nonperizinan Jasa Usaha
5. Pemrosesan oleh Sekretaris
6. Pemrosesan dan Penandatanganan Sertifikat Perizinan oleh Kepala Dinas
7. Pencetakan/Penerbitan Sertifikat Perizinan
8. Penyerahan Sertifikat Perizinan oleh Petugas Loket

Biaya : Retribusi Izin Trayek

Waktu Penyelesaian : 7 (Tujuh) hari kerja

Download Formulir Trayek Baru/Perpanjangan

Download Formulir Trayek Penambahan

Download Formulir Trayek Pengurangan

     

    1. Nomor Induk Berusaha (NIB)
    2. Izin Lokasi
    3. Izin Lingkungan
    4. Ketetapan SPPL
    5. Ketetapan UKL-UPL/DPLH
    6. Ketetapan AMDAL/DELH
    7. Izin Pembuangan Air Limbah
    8. Izin Operasional Pengelolaan Limbah B3 untuk Penghasil
    9. Izin Pengelolaan Limbah B3 untuk Usaha Jasa
    10. Izin Pengusahaan Penangkaran Sarang Burung Walet
    11. Izin Penggunaan Pemanfaatan Tanah (IPPT)
    12. Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
    13. Sertifikat Laik Fungsi (SLF)
    14. Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK)
    15. Izin Usaha Pembangunan dan Pengusahaan Properti
    16. Izin Usaha Bidang Perumahan
    17. Izin Usaha Perkebunan (IUP)
    18. Izin Usaha Obat Hewan
    19. Izin Usaha Tanaman Pangan
    20. Izin Usaha Hortikultura
    21. Izin Usaha Peternakan
    22. Surat Izin Usaha Perikanan
    23. Izin Usaha Industri (IUI)
    24. Izin Perluasan Usaha Industri
    25. Izin Usaha Kawasan Industri (IUKI)
    26. Izin Perluasan Kawasan Industri
    27. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
    28. Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW)
    29. Tanda Daftar Gudang (TDG)
    30. Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang
    31. Izin Penyelenggaraan Pelabuhan Sungai dan Danau
    32. Izin Usaha Angkutan Sungai dan Danau
    33. Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP)
    34. Izin Pendirian Program atau Satuan Pendidikan
    35. Izin Pendirian Satuan Pendidikan Nonformal
    36. Perpanjangan Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing
    37. Izin Toko Obat
    38. Izin Apotek
    39. Izin Operasional Klinik
    40. Izin Mendirikan Rumah Sakit
    41. Izin Operasional Rumah Sakit
    42. Izin Toko Alat Kesehatan
    43. Izin Operasional Laboratorium Klinik Umum Pratama
    44. Usaha Kecil dan Mikro Obat Tradisional
    45. Izin Perusahaan Rumah Tangga Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga
    46. Izin Penyelenggaraan Pengendalian Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit
    47. Surat Izin Praktik Perawat (SIPP)
    48. Surat Izin Praktik Bidan (SIPB)
    49. Surat Izin Praktik Apoteker (SIPA)
    50. Surat Izin Praktik Penata Anastesi (SIPPA)
    51. Surat Izin Kerja/Praktik Fisioterapis (SIKF/SIPF)
    52. Surat Izin Kerja Refraksionis Optisien (SIKRO)/Surat Izin Kerja Optometris (SIKO)
    53. Surat Izin Kerja Radiografer (SIKR)
    54. Surat Izin Praktik Elektromedis (SIP-E)
    55. Surat Izin Kerja Tenaga Sanitarian (SIKTS)
    56. Surat Izin Kerja/Praktik Okupasi Terapis (SIKOT/SIPOT)
    57. Surat Izin Kerja/Praktik Tenaga Gizi(SIKTGz/SIPTGz)
    58. Surat Izin Praktik Ahli Teknologi Laboratorium Medik (SIP-ATLM)
    59. Surat Terdaftar Penyehat Tradisional(STPT)
    60. Surat Izin Praktik Terapis Gigi dan Mulut (SIPTGM)
    61. Surat Izin Praktik Tenaga Teknis Kefarmasian (SIPTTK)
    62. Surat Izin Tukang Gigi
    63. Surat Izin Kerja/Praktik Terapi Wicara (SIKTW/SIPTW)
    64. Surat Izin Kerja Teknisi Gigi (SIKTG)
    65. Surat Izin Kerja/Praktik Ortotis Prostetis (SIKOP/SIPOP)
    66. Surat Izin Kerja Perekaman Medis
    67. Izin Pelayanan Kesehatan SPA
    68. Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT)
    69. Sertifikat Laik Sehat Hotel
    70. Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Depot Air Minum Isi Ulang
    71. Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Jasa Boga
    72. Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Rumah Makan dan Restoran
    73. Sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan
    74. Izin Usaha Mikro dan Kecil
    75. Izin Koperasi Simpan Pinjam
    76. Izin Pembukaan Kantor Cabang Koperasi Simpan Pinjam
    77. Rekomendasi Wilayah Izin Usaha Pertambangan Mineral Bukan Logam dan Batuan